visitaaponce.com

Tren Harga Bahan Pokok di Jawa Barat Menurun

Tren Harga Bahan Pokok di Jawa Barat Menurun
Pedagang memotong daging sapi untuk pembeli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (1/4).(ANTARA/YULIUS SATRIA WIJAYA)

HARGA sejumlah barang kebutuhan pokok di Jawa Barat mengalami penurunan. Di antaranya beras, cabai dan telur.

"Tidak ada harga komoditas yang naik signifikan. Yang harus diwaspadai hanya harga daging, karena tingkat konsumsinya yang masih tinggi," ungkap Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Dia berharap stok kebutuhan pokok tetap terjaga agar tidak ada gejolak harga. Sosialisasi agar warga berbelanja sesuai kebutuhan akan terus dilakukan, sehingga harga tidak melonjak.

Baca juga : 419 Ton Beras Disalurkan untuk Korban Banjir Pesisir Selatan Sumbar

Saat ini, lanjutnya, panen padi sudah terjadi di sejumlah daerah, setelah sempat terlambat selama dua bulan. Serapan hasil panen pada tahap awal akan diarahkan untuk kebutuhan Jawa Barat sendiri.

"Sudah ada panen di beberapa tempat. Kita upayakan hasilnya untuk diserap oleh Jabar melalui Bulog. Karena kalau dibeli Pasar Cipinang Jakarta kemudian balik lagi ke Jabar menjadi lebih mahal. Untuk saat ini, BUMD Jabar tidak punya cukup dana untuk membeli," tegasnya.

Bey meminta pula panen sekarang harus benar-benar dijaga karena sudah mundur dua bulan. Jangan sampai rusak karena banjir dan sebagainya.

Harga sejumlah kebutuhan pokok di Bandung, Bogor, Cimahi, Cirebon dan Karawang, di antaranya beras premium Rp12.000 - Rp17.000 per kilogram, beras medium Rp13.000 - Rp15.000, daging sapi Rp140.000 - Rp160.000, daging ayam ras Rp40.000-Rp47.000, berbagai jenis cabai antara Rp30.000-Rp100.000 dan bawang merah serta bawang putih antara Rp40.000 hingga Rp65.000 per kilogram. (Z-6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat