visitaaponce.com

Hakikat Ilmu

Hakikat Ilmu
Quraish Shihab(MI.Seno)

KALI ini kita akan berbicara tentang makna ilmu. Ilmu terambil dari bahasa Arab. Dalam bahasa Arab, semua kata yang tersusun dari tiga huruf, ilmu ini (ain, lam, dan mim). Maka itu, mengandung makna kejelasan.

Ilmu merupakan sesuatu yang jelas. Ilmu ialah terungkapnya sesuatu dalam keadaannya yang sebenarnya. Alamat merupakan tanda yang jelas. Karena itu, Anda tidak perlu berkata 'alamat yang jelas' sebab yang jelas itu mubazir. Sudah dicakup dalam kata 'alamat.' A’lam, gunung-gunung, dia dinamai demikian karena dia sangat jelas.

Ilmu bukan sekadar hasil belajar-mengajar, melainkan dia ialah cahaya yang menerangi perjalanan seseorang. Karena itu, ada pakar berkata bahwa ilmu ada dua macam. Ada ilmu di akal dan ada ilmu di hati yang menjadi cahaya.

Ilmu yang di akal bisa menjadi saksi pemberat bagi pemiliknya kalau dia tidak terbimbing oleh ilmunya. Sementara itu, ilmu yang menjadi cahaya itu berada di dalam kalbu yang memberikan tuntunan kepada seseorang untuk mendapatkan kebenaran, kebaikan, dan keadilan.

Menarik, salah satu surah terpendek dalam Alquran menguraikan suatu hakikat yang sering kali orang lupakan. Kita sering kali hanya berkata 'wajib belajar'. Sebenarnya Alquran bukan hanya mewajibkan belajar, tetapi juga wajib mengajar.

“Wal ‘asr, innal insaana lafi khusr.” Sesungguhnya semua manusia merugi, kecuali yang beriman, beramal saleh, dan saling ajar-mengajar menyangkut kebaikan dan saling pesan-memesan menyangkut kesabaran.

Jadi, kita semua ialah guru sekaligus murid karena ilmu berfungsi membimbing dan menyempurnakan kehidupan manusia. Semoga kita mampu meraih ilmu yang sesuai dengan kebutuhan kita sebagai manusia. (*/H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Triwinarno

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat