visitaaponce.com

Progres Tol Kuala Tanjung-Parapat Capai 60,89

Progres Tol Kuala Tanjung-Parapat Capai 60,89%
Pembanguann tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat(Antara/Rudi Kurniawansyah)

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan, progres pembangunanJalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 1-4 yang merupakan konektivitas pendukung dari Medan ke Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KSPN) Danau Toba mencapai 60,89% pada Senin (1/2).

Untuk pengerjaan seksi 1-4 ini ditargetkan rampung konstruksinya pada tahun 2021 ini.

Dikutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BJT) Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, jalan tol ini terdiri dari enam seksi yaitu Seksi 1 Tebing Tinggi- Inderapura (20,40 km), Seksi 2 Inderapura-Kuala Tanjung (18,05 km). 

Kemudian seksi 3 Tebing Tinggi -Serbelawan (30 km), Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar (28 km) yang merupakan porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Marga Waskita.

Baca juga : Istana Klaim Kondisi Ekonomi Berangsur Pulih Meski Korona Melonjak

Kemudian dijelaskan, seksi 5 Pematang Siantar-Seribudolok (22,30 km), Seksi 6 Seribudolok-Parapat (16,70 km) yang merupakan dukungan Pemerintah dan saat ini dalam proses pengajuan Green Book. 

PUPR menyebut, jalan tol ini akan dilengkapi dengan serat fiber optic sehingga ke depan akan menjadi smart tollway yang berimplikasi pada pengembangan smart plantation pada lokasi perkebunan sepanjang tol dan juga pengembangan smart city.

Jika sudah rampung, jarak dari kota Medan menuju Danau Toba dikatakan PUPR, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam menggunakan tol ini sehingga semakin memperbanyak aksesibilitas ke berbagai macam destinasi wisata di Sumatera Utara. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat