visitaaponce.com

Laba Saudi Aramco Merosot karena Harga Minyak Jatuh

Laba Saudi Aramco Merosot karena Harga Minyak Jatuh
Sejumlah pria melihat silo yang rusak setelah serangan di fasilitas minyak Saudi Aramco di kota Jeddah, Saudi, beberapa waktu lalu.(AFP/Fayez Nureldine.)

RAKSASA energi Arab Saudi, Aramco, pada Minggu (21/3) membukukan penurunan laba bersih sebesar 44,4% sepanjang tahun lalu. Ini karena harga minyak mentah lebih rendah di tengah pandemi virus korona yang menurunkan permintaan global.

Aramco, 'sapi perah' kerajaan itu, telah mengungkapkan penurunan laba berturut-turut sejak pengungkapan pendapatan pada 2019. Ujungnya, ini menambah tekanan pada keuangan pemerintah karena di saat bersamaan Riyadh mengejar proyek multimiliar dolar untuk mendiversifikasi ekonomi yang bergantung pada minyak.

"Aramco mencapai laba bersih sebesar US$49 miliar (sekitar Rp706 triliun) pada 2020," kata perusahaan itu dalam pernyataan. Laba itu turun dari US$88,2 miliar pada 2019.

Arab Saudi, pengekspor minyak mentah terbesar dunia, terpukul tahun lalu oleh pukulan ganda dari harga rendah dan pemotongan tajam dalam produksi. Kepala Eksekutif Aramco Amin Nasser menggambarkannya sebagai salah satu tahun paling menantang dalam sejarah baru-baru ini.

Perusahaan itu mengatakan, pendapatan dipengaruhi oleh harga minyak mentah yang lebih rendah dan volume penjualan serta melemahnya margin penyulingan dan bahan kimia. Tapi dibandingkan dengan banyak perusahaan internasional yang merugi, Aramco--yang memulai debutnya di pasar saham pada 2019--memainkan ketahanan finansial kuat meskipun ada tantangan.

Harga minyak mentah telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir menjadi lebih dari US$60 per barel. Tetapi dalam jangka pendek, analis mengatakan raksasa Saudi bersiap untuk kemungkinan gelombang infeksi virus korona lebih lanjut yang dapat merusak pemulihan ekonomi global tentatif. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat