visitaaponce.com

BI Posisi Cadangan Devisa Indonesia Capai US144,9 Miliar Pada Desember 2021

BI: Posisi Cadangan Devisa Indonesia Capai US$144,9 Miliar Pada Desember 2021
Bank Indonesia mencatat posisi cadangan devisa Indonesia mencapai US$144,9 miliar pada Desember 2021.(MI/SUSANTO)

BANK Indonesia (BI) menegaskan bahwa posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Desember 2021 tetap tinggi atau mencapai US$144,9 miliar. Meskipun demikian, posisi ini dikatakan menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir November 2021 yang tercatat sebesar US$145,9 miliar.

"Penurunan posisi cadangan devisa pada Desember 2021 antara lain dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah," ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dilansir dari keterangan resmi, Jumat (7/1).

Baca juga: OJK akan Terus Perluas Akses Pembiayaan UMKM melalui Securities Crowdfunding

Lebih lanjut, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 8,0 bulan impor atau 7,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Erwin menegaskan bahw BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

"Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi," pungkasnya. (A-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Dwi Tupani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat