visitaaponce.com

Harga Minyak WTI Anjlok 5 terkait Ukraina dan Tiongkok

Harga Minyak WTI Anjlok 5% terkait Ukraina dan Tiongkok
Blok minyak Long Beach di bawah Discovery Well Park di Signal Hill, California, pada 9 Maret 2020.(AFP/David Mcnew.)

HARGA minyak acuan Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI), turun pada Senin (14/3). Ini terjadi di tengah harapan perdamaian Ukraina dan setelah konsumen utama Tiongkok memberlakukan penguncian covid-19 di pusat teknologi Shenzhen.

WTI turun hampir 5,1% menjadi US$103,80 per barel. Minyak mentah acuan Eropa Brent North Sea turun 4,0% menjadi US$108,13.

"Harga turun karena tanda-tanda positif dari pembicaraan yang dilakukan pada akhir pekan oleh perwakilan Rusia dan Ukraina yang memunculkan harapan pemulihan hubungan," kata analis Commerzbank, Carsten Fritsch.

Rusia pada Minggu mengatakan para perunding membuat kemajuan dalam pembicaraan untuk mengakhiri pertempuran di Ukraina. Ini lebih dari dua minggu setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan pasukannya melintasi perbatasan tetangganya yang pro-Barat.

Pada saat yang sama, para pedagang khawatir bahwa penguncian virus korona yang menyebar di Tiongkok dapat membanting permintaan minyak mentah. "Penyebaran covid-19 yang cepat di seluruh Tiongkok sekarang meresahkan investor dengan ekspektasi bahwa penguncian massal akan sekali lagi merusak perekonomian," kata analis Hargreaves Lansdown Susannah Streeter.

Baca juga: UE-Inggris Selidiki Dugaan Monopoli Iklan Daring Google dan Meta

Dia menambahkan bahwa permintaan diperkirakan akan terpukul jika output ekonomi Tiongkok turun karena penguncian terbaru. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat