visitaaponce.com

Pertumbuhan Ekonomi Prancis Tertekan dan Inflasi Naik

Pertumbuhan Ekonomi Prancis Tertekan dan Inflasi Naik
Pompa bensin di Paris.(AFP/Franck Fife.)

PERTUMBUHAN ekonomi Prancis akan melambat pada 2022 dan inflasi meningkat. Ini karena konflik di Ukraina menghantam ekonominya. Bank sentral negara itu memperingatkan pada Minggu (13/3) dengan menyajikan dua skenario yang mungkin.

Pertumbuhan diperkirakan turun setengah poin menjadi 1,1%, kata Bank of France. Produk domestik bruto (PDB) Prancis akan tumbuh sebesar 3,4% tahun ini jika harga minyak rata-rata US$93 dolar per barel atau hanya 2,8% jika mencapai US$119.

Tanpa perang Ukraina dan pengaruhnya terhadap pasokan minyak Rusia, perkiraan pertumbuhan itu akan berkisar antara 3,6% dan 3,9%. Bank memperkirakan inflasi mencapai 3,7% tahun ini atau 4,4% menurut skenario kedua.

Baca juga: Harga Minyak WTI Anjlok 5% terkait Ukraina dan Tiongkok

Dampak negatif dari konflik Ukraina pada ekonomi Prancis akan memiliki tiga efek utama. Efek itu yakni harga energi dan bahan baku yang lebih tinggi, konsumsi dan investasi yang lebih rendah, serta tekanan pada perdagangan luar negeri.

Direktur Jenderal Bank of France Olivier Garnier mengatakan bank sentral tidak memperhitungkan penghentian total pasokan minyak dan gas Rusia. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat