visitaaponce.com

Resmikan Tol Cibitung-Cilincing, Presiden Percepat Mobilitas Produk Ekspor

Resmikan Tol Cibitung-Cilincing, Presiden: Percepat Mobilitas Produk Ekspor
Presiden meresmikan jalan Tol Cibitung-Cilincing di Gerbang Tol Gabus, Bekasi, Jawa Barat.( MI/Andhika Prasetyo )

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 27,2 kilometer, Selasa (20/9). Keberadaan infrastruktur utama tersebut diharapkan mempercepat mobilitas, terutama barang yang berasal dari kawasan-kawasan industri di Bekasi dan Karawang, Jawa Barat, menuju pelabuhan di Jakarta Utara.

"Ini merupakan jalan yang nanti bisa mempercepat, utamanya mobilitas barang yang berasal dari kawasan-kawasan industri di Bekasi dan juga dari kawasan logistik di Karawang, sehingga sangat cepat dihantarkan kepada pelabuhan yang ada di Jakarta wilayah utara," ujar Jokowi di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Dengan adanya akselerasi, ia meyakini produk-produk lokal akan semakin memiliki daya saing. Sehingga mampu berkompetisi dengan komoditas asing, terutama dalam pasar global.

"Tentu saja kecepatan itu akan memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan di ekspor," ucap mantan wali kota Solo itu.

Baca juga: Indonesia Sambut Baik Langkah Black Sea Initiative PBB

Jalan bebas hambatan yang menjadi bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 itu kini dikelola PT Pelindo, yang merupakan BUMN penyedia jasa kepelabuhanan termasuk Tanjung Priok. Keterlibatan langsung Pelindo dalam pengelolaan jalan tol menuju pelabuhan, diharapkan mampu mendorong konektivitas yang semakin baik ke depan.

"Kita harapkan ini memberikan pelayanan terhadap truk-truk kontainer, barang-barang yang akan diekspor maupun barang-barang impor yang akan menuju ke kawasan industri, ke kawasan logistik," jelas Jokowi.

Selain Cibitung-Cilincing, kepala negara di saat yang bersamaan juga meresmikan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1 sepanjang 5,1 km. Tol tersebut merupakan bagian dari tahap awal pembangunan JORR 3.

"Nanti ketika JORR 2 dan 3 selesai, dari barat ke timur, dari timur ke barat, tidak usah melalui tengah Jakarta. ini yang akan mengurangi kemacetan di DKI Jakarta," tandasnya. (P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat