visitaaponce.com

2023, Pelni Usulkan 38 Trayek Tol Laut

2023, Pelni Usulkan 38 Trayek Tol Laut
Petugas menggunakan crane untuk muatan peti kemas ke kapal tol laut KM Logistik Nusantara 4 milik PT Pelni di Pelabuhan Patimban, Jabar.(DOK Pelni.)

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mengusulkan ada 38 trayek tol laut di tahun depan. Jumlah tersebut bertambah dari tahun ini yang terdapat 33 trayek.

Dari jumlah 33 trayek tersebut, 11 trayek tol laut dioperasikan oleh Pelni, lima trayek dikelol Djakarta Lloyd, ASDP mengoperasikan lima trayek, dan 12 trayek dikelola swasta. "Di tahun ini, kami mengusulkan trayek yang sebelumnya diberikan semua operator ada 33. Tahun depan ada 38," kata Vice President Usaha Barang Nonkomersial PT Pelni Ridwan Mandaliko di Lewoleba, Nusa Tenggara Timur, Jumat (4/11).

Meski belum diketahui lokasi daerah untuk usulan penambahan trayek untuk tol laut tersebut, Ridwan berharap penambahan lima trayek tersebut dioperasikan seluruhnya oleh Pelni. Usulan penambahan trayek berasal dari pemerintah daerah atau DPRD yang akan disetujui oleh Kemenhub. Pelni sendiri menjadi operator tol laut.

"Kalau tol laut itu bukan Kemenhub yan menentukan secara de facto, tetapi nanti permintaan daerah atau DPRD. Contohnya, Fak-Fak yang sebelumya tidak ada tol laut, karena butuh, akhirnya diberikan," jelasnya.

Usulan untuk menjadi trayek tol laut pun melihat dari sisi kesiapan infrastruktur pelabuhan di wilayah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP). Jika tidak memadai, hal itu tidak diberi izin beroperasi.

Pihaknya juga berencana menambah kontainer hingga 1.400 unit di tahun depan. Saat ini ada 1.360 dry kontainer yang dimiliki Pelni untuk kapal tol laut dan kapal penumpang.

"Tiap trayek tol laut punya potensi muatan yang besar karena rata-rata muatan itu memang meningkatkan potensi barang daerah. Kami juga tengah meminta tambahan kontainer ke Kemenhub," pungkasnya.

Selain itu, Pelni berencana mengoptimalkan pola hub dan spoke dalam Program Tol Laut untuk memaksimalkan distribusi barang dari titik hub atau awal pelabuhan ke pelabuhan transit di 3TP. Hub dan spoke merupakan jaringan simpul pelabuhan yang mampu menjadi alternatif jalur logistik melalui laut. Perusahaan pelat merah itu mengusulkan delapan trayek pelabuhan hub, di antaranya di Padang, Tanjung Pinang, Makassar, Bitung, Kupang, hingga Sorong. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat