visitaaponce.com

BPS Sebut Aktivitas Belanja Kelompok Masyarakat Menengah Atas Terus Meningkat

BPS Sebut Aktivitas Belanja Kelompok Masyarakat Menengah Atas Terus Meningkat
Ilustrasi(Ist)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat konsumsi rumah tangga pada kuartal III-2022 ini mengalami pertumbuhan sebesar 5,93% secara tahunan atau year on year (yoy). Menurut BPS, pertumbuhan tersebut di dorong oleh aktivitas konsumsi masyarakat menengah atas yang terus meningkat.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, pada kuartal III-2022 ini konsumsi rumah tangga mampu tumbuh karena adanya faktor aktivitas belanja pada kelompok masyarakat menengah atas khususnya untuk kebutuhan tersier.

"Dorongan konsumsi rumah tangga ini tercermin dari peningkatan mobilitas masyarakat jika dibandingkan dengan kondisi kuartal III-2021. Dan ada indikiasi bahwa konsumsi rumah tangga mampu tumbuh 5,39% karena adanya peningkatan aktivitas belanja pada kelompok masyarakat menengah atas, khususnya untuk kebutuhan tersier.," ujar Margo dalam konferensi pers, Senin (7/11).

Margo melanjutkan, dengan kelompok masyarakat menengah atas yang menunjukan peningkatan dalam konsumsinya, tentunya hal tersebut dapat memberikan pengaruh besar kepada kelompok yang lainnya.

"Tentu saja jika kelompok menengah atas meningkatkan konsumsinya, pastinya akan memberikan pengaruh besar pada kelompok-kelompok lainnya. Ini tren yang sangat baik dan pemulihan ekonomi kita berlanjut serta semakin menguat," ucap Margo.

Sebelumnya, BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2022 mencapai 5,72% secara tahunan year on year (yoy). Ini merupakan pertumbuhan yang lebih tinggi dari pertumbuhan pada kuartal II-2022 yang sebesar 5,44% secara tahunan, dan melampaui capaian pada kuartal sama tahun sebelumnya yang sebesar 3,51% secara tahunan. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat