visitaaponce.com

Jokowi Diskusikan Pertumbuhan Ekonomi dengan Presiden ADB

Jokowi Diskusikan Pertumbuhan Ekonomi dengan Presiden ADB
Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan para pemimpin ASEAN dengan perwakilan ASEAN Inter-Parliament Assembly (AIPA)(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

PRESIDEN Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa di sela-sela rangkaian penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, Kamis (10/11).

Kedua pemimpin tersebut mendiskusikan proyeksi pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara khususnya pada tahun depan saat Indonesia menjadi Ketua ASEAN, dengan tema utama 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth'.

Menurut Kepala Negara, dalam laporan ADB terkait pertumbuhan ekonomi ASEAN, meski lebih baik dari kawasan lainnya, pertumbuhan tahun ini turun dari 5,1% menjadi 4,9%.

“Ini disebabkan penurunan permintaan global. Laju inflasi dan instabilitas finansial di kawasan menjadi pemicu utama Tentu ini harus membuat kita semua di kawasan waspada,” ujar Jokowi di Phnom Penh, Kamis.

Baca juga:  BI: Sinergi Negara G20 Berperan Pulihkan Perekonomian Global

Adapun, Presiden ADB Masatsugu Asakawa menyampaikan selamat atas kinerja ekonomi Indonesia yang sangat baik dalam dua tahun terakhir. Selain itu, ia juga mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di G20. Menurutnya, sejauh ini Indonesia berhasil menavigasi G20 untuk tujuan kolektif dan berkelanjutan.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat