visitaaponce.com

BI Siapkan Rp117,7 Triliun Uang Kartal untuk Periode Nataru

BI Siapkan Rp117,7 Triliun Uang Kartal untuk Periode Nataru
Potret karyawan bank menunjukkan uang pecahan rupiah.(Antara)

BANK Indonesia (BI) menyiapkan uang kartal untuk periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) sebesar Rp117,7 triliun, atau naik 5,8% dibandingkan dengan realisasi pada 2021.

Jumlah tersebut mempertimbangkan perkiraan konsumsi masyarakat yang semakin meningkat. Serta, perkiraan belanja pemerintah dan bantuan sosial tunai. Berikut, rata-rata kenaikan outflow dalam beberapa tahun terakhir yang mencapai sekitar 4,8%.

Baca juga: BI Proyeksikan Transaksi E-Commerce pada 2023 Naik 17%

"Kesiapan BI dalam pemenuhan kebutuhan uang rupiah selama Nataru dilakukan dengan 3K, yaitu kesiapan jumlah dan pecahan uang yang diperlukan. Lalu, kesiapan akses bagi masyarakat dan kesiapan dari perbankan, serta penyelenggara jasa pengelolaan uang," jelas Deputi Gubernur BI Aida S. Budiman, Kamis (22/12).

Hingga pekan kedua Desember 2022, terjadi penarikan uang oleh perbankan sebesar Rp54,77 triliun, atau sekitar 47% dari uang yang disediakan Bank Sentral. Untuk kesiapan akses bagi masyarakat, BI melakukan layanan kas kepada perbankan di seluruh kantor perwakilan.

BI juga melakukan layanan kas kepada masyarakat di seluruh kantor perwakilan. Termasuk, mengadakan kas keliling ritel 55 kali sebanyak 47 titik layanan. Lalu, secara khusus memonitoring pelaksanaan di daerah yang melakukan perayaan Nataru dan destinasi wisata.

Baca juga: Apel Gelar Pasukan, Kapolri Pastikan Seluruh Pihak Siap Amankan Nataru

Kesiapan dari perbankan maupun penyelenggara jasa pengelolaan uang rupiah, BI akan memastikan koordinasi dan kerja sama. Termasuk, ketersediaan uang di mesin ATM dan Customer Relationship Management (CRM).

"BI memastikan ketersediaan uang rupiah terjaga di seluruh wilayah NKRI, khususnya selama periode Nataru," pungkas Aida.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat