visitaaponce.com

Kondisi Politik akan Menentukan Geliat Ekonomi

Kondisi Politik akan Menentukan Geliat Ekonomi
Mobilitas kendaraan dengan latar belakang pusat perbelanjaan di Jakarta.(MI/USMAN ISKANDAR)

EKONOM Center of Reform on Economics (CORE) Yusuf Rendy Manilet mengatakan, untuk menjaga stabilitas di tahun politik ini pemerintah dan juga partai politik perlu mengedepankan kampanye politik yang sehat dan diskursus yang membangun untuk memastikan iklim politik menjelang pemilihan presiden di 2024 nanti itu tetap stabil dan terjaga.

"Selain itu, pemerintah juga perlu mengedepankan cara untuk menghentikan berita yang tidak benar atau hoax agar perbedaan ataupun tensi politik di masyarakat itu tidak meningkat. Seperti yang dialami ketika pemilihan presiden di 2014 dan juga 2019," kata Rendy kepada Media Indonesia, Sabtu (4/2).

Rendy melanjutkan, pada tahun politik ini, dunia usaha juga mempunyai kecenderungan dalam melihat bagaimana dinamika dari tahun politik tersebut.

Menurutnya, para pengusaha ataupun investor juga akan melihat dari track record calon Presiden tersebut untuk menjadi pertimbangan bagi para investor dalam menanam modalnya.

Baca juga: Menjaga Asa di Tahun Politik 

Namun demikian, lanjut Rendy, jika ternyata calon Presiden di tahun depan ini sesuai dengan selera dari investor itu sendiri, maka perekonomian Indonesia tentunya akan berpotensi bergeliat.

"Biasanya sentimen jangka pendeknya dapat terlihat di pasar keuangan dan untuk sentimen jangka panjangnya, tentu akan dinilai dari visi misi calon presiden nantinya. Misalnya, seperti yang berkaitan dengan bagaimana menggenjot pertumbuhan ekonomi lebih tinggi," ujar Rendy.

Lebih lanjut, Rendy berharap, agar tahun politik ini dapat berjalan dengan baik, dan juga diharapkan calon yang akan muncul nantinya memiliki visi dan misi untuk membangun Indonesia. Khususnya dalam konteks membangun perekonomian Indonesia sampai 2045 nanti.

"Kita tahu pondasi yang diletakkan sekarang akan menentukan bagaimana Indonesia mencapai target pembangunan ekonomi dalam jangka panjang dan ini adalah pekerjaan rumah bagi siapapun yang terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden di 2024 nanti," pungkas Rendy. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat