visitaaponce.com

Mentan Stok Pangan Hingga Maret Cukup Tersedia

Mentan: Stok Pangan Hingga Maret Cukup Tersedia
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo(MI/Humas Kementan-HO)

PRESIDEN Joko Widodo meminta agar ketersediaan pangan terjaga menjelang Ramadhan terutama 12 komoditi seperti beras, daging, minyak dan lain-lain. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjelaskan secara umum ketersediaan dalam neraca yang ada hingga Maret 2023 cukup tersedia.

"Oleh karena itu diminta agar stok semua menteri saling dukung bersama-sama untuk melakukan cek on the spot dari ketersediaan buffer stock-buffer stock yang ada," ujarnya seusai rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/2).

Meskipun stok pangan dipastikan cukup hingga Maret, Mentan mengatakan presiden memberi arahan agar logistik untuk distribusi bahan pangan harus dibenahi. Karenanya, diperlukan kerja sama dengan para pemerintah daerah.

Secara khusus, imbuhnya, presiden secara detil menanyakan panen raya pagi yang diperkirakan akan berlangsung dalam waktu dekat.

"Akan ada panen raya sekitar 1 juta hektar pada bulan Februari masuk Maret ini sehingga peak (puncak) dari panen raya akan terjadi di sekitar ini," paparnya.

Baca juga: Berkaca Kasus Rubicon, Sri Mulyani Pastikan Perbaiki Sistem Pengawasan Internal

Ketersediaan stok beras setelah panen raya, terang Mentan, perlu dibarengi dengan distribusi sehingga ada normalisasi harga beras. Pemerintah, sambungnya, bekerja sama dengan sektor swasta atau para pengusaha, Badan Pangan Nasional dan Bulog.

Selain beras, bahan pangan yang disorot ialah minyak goreng. Mentan mengatakan untuk minyak goreng, stok dilaporkan tersedia cukup.

"Mudah-mudahan Ramadhan dan idul fitri nanti semua bisa berjalan sesuai harapan. Tentu saja beberapa pangan dasar yang berkait dengan tentu daging misalnya importasi bapak presiden betul-betul meminta semua menteri memberikan perhatian serius hingga tidak ada hambatan dalam ketersediaan sampai di daerah," ucapnya. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat