visitaaponce.com

Presiden Optimistis Kemajuan Papua di PYCH

Presiden Optimistis Kemajuan Papua di PYCH
Presiden Jokowi meresmkan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH), di Jayapura, Papua, Selasa (21/3) lalu.(Ist)

POTENSI talenta Papua membuat Presiden Joko Widodo bangga dan bahagia. Ia optimistis Papua akan jauh berubah, lebih cepat maju dan sejahtera, bila peluang dan dorongan terus diberikan kepada generasi mudanya.

Presiden mengekspresikan optimismenya itu dalam acara peresmian Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH), di Jayapura, Papua, Selasa (21/3) lalu.

“Pagi hari ini saya betul-betul sangat bangga, karena permintaan 23 anak muda Papua, dulu saat saya undang ke istana untuk memiliki sebuah ruang pemberdayaan peningkatan kualitas SDM, hari ini bisa kita lihat bersama di Papua Youth Creative Hub di Jayapura ini,” kata Jokowi.

Baca juga: Presiden Instruksikan Pembangunan Creative Hub di Sejumlah Daerah

Jokowi patut bangga. Berbagai program pemberdayaan anak muda yang dijalankan beberapa tahun belakangan oleh PYCH dengan pembinaan Badan Intelijen Negara (BIN) menunjukkan hasil sangat menggembirakan.

PYCH Binaan BIN Tunjukkan Hasil Memuaskan

“Saya kaget semuanya ada di PYCH ini. Mulai tadi saat masuk, perakitan handphone, perakitan laptop, studio podcast, studio musik, studio fotografi, dan hasil produk-produk di Tanah Papua dengan kemasan dan branding yang sangat bagus sekali," ujar Jokowi 

"Ini yang sangat bagus. Artinya peluang-peluang itu diisi anak muda. Ada bidang peternakan, perikanan, bahkan kita lihat Maria yang ternak ayam sudah memiliki 2.000 ayam lebih.”
Maria dimaksud, Maria Fransisca Tambingon, finalis Putri Indonesia 2014 yang menggeluti peternakan dan jadi tulang punggung keluarga. 

Baca juga: Gedung PYCH Diharapkan Gairahkan Kreasi Anak Muda Papua Hingga ke Mancanegara

Dengan dukungan PYCH, Maria kini memiliki 2.000 ayam petelur dengan omset Rp50 juta per bulan. Maria berbincang teleconference dengan Presiden dari lokasi peternakannya di Distrik Muara Tami, Jayapura.

Presiden Berbicang dengan Kader PYCH

Presiden juga berbincang dengan kader PYCH di sejumlah kabupaten lain yang menjalankan pemberdayaan perkebunan jagung, peternakan sapi, babi, dan budidaya ikan sistem bioflok dan keramba jaring apung.

Baca juga: Jokowi dan Prabowo Tanam Jagung di Food Estate Keerom Papua

“Anak muda Papua butuh wadah, kesempatan, dan peluang kerja. Jangan berpikir semua ingin jadi PNS. Saya senang ada yang bergerak dalam fashion, musik, fotografi, dan teknologi aplikasi,” ujar Jokowi.

Pengembangan Talenta

Kepala BIN Jend Pol (Purn) Budi Gunawan yang terus mengikuti perkembangan PYCH dari dekat mengatakan berawal dari 23 anak muda perwakilan 7 wilayah adat Papua yang menemui Jokowi pada 2019, kini jumlah anak muda yang jadi anggota PYCH mencapai 12.800 anak. 

“Hasilnya berkembang terus, terlihat dari tingginya animo anak muda Papua bergabung di Papua Youth Creative Hub ini. Mereka bergerak di berbagai sektor, meliputi sektor pertanian, perikanan, pertenakan, industri kreatif, pendidikan dan kesehatan, UMKM dan e-commerce, sosial budaya termasuk pelestarian suku bahasa di Papua,” jelas dia.

Baca juga: Presiden: Masyarakat harus Awasi Anggaran Pembangunan Papua

PYCH, lanjut Budi Gunawan, akan jadi pusat pengembangan talenta Papua yang unggul, punya komitmen kebangsaan, kreatif, berjiwa pelopor, lincah, dan cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

"Kami optimistis ke depan akan lahir anak-anak muda Papua dengan prestasi dan reputasi mendunia dari PYCH ini.” (RO/S2-25)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat