visitaaponce.com

Sinar Mas Land Buka Gerbang Tol Nagrak dalam Kota Wisata Cibubur

Sinar Mas Land Buka Gerbang Tol Nagrak dalam Kota Wisata Cibubur
Sinar Mas Land membuka gerbang Tol Nagrak yang berada di kawasan township Kota Wisata Cibubur. (DOK Sinar Mas Land.)

PEMBANGUNAN merupakan salah satu Program Prioritas Nasional yang diutamakan pemerintah untuk tuntas pada 2024. Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basuki Hadimoeljono, sektor infrastruktur dapat mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar suatu wilayah. Sinar Mas Land pun mendukung pengembangan infrastruktur khususnya di ruas Tol Cimanggis-Cibitung. 

Itu dilakukan Sinar Mas Land dengan membuka gerbang Tol Nagrak yang berada di kawasan township Kota Wisata Cibubur. Ini tentu menambah alternatif akses baru di wilayah Cibubur dan Cileungsi sehingga menjadi semakin komplet serta lengkap.

Gerbang Tol Nagrak di Kota Wisata Cibubur sudah mulai beroperasi sejak Minggu 16 April 2023. Akses tol ini dibuka setelah rampungnya pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung (Tol Cimaci) seksi 2A ruas jalan Jatikarya-Nagrak. Ruas tol ini terintegrasi dengan Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Cikampek, dan Tol Depok-Antasari (Tol Andara) yang juga tersambung ke berbagai jalan tol di Pulau Jawa. 

Baca juga: Puradelta Lestari Bangun Gedung Pusat Kendali di Kota Deltamas

Direktur Sinar Mas Land Herry Hendarta menyampaikan Sinar Mas Land berinovasi untuk menjadikan Kota Wisata sebagai satu-satunya township di Cibubur yang memiliki gerbang tol dalam kawasan. Keberadaan tol ini memudahkan masyarakat luas untuk menikmati fasilitas lengkap di Kota Wisata, mulai dari Eka Hospital, Fresh Market, berbagai sekolah ternama, sentra niaga, kawasan CBD, hingga Living World Mall Kota Wisata yang akan segera beroperasi di 2023. "Akses tol baru ini juga menjadi alternatif jalan baru bagi para pemudik serta memudahkan distribusi pasokan komoditas bagi warga di Kabupaten Bogor," ujar Herry.

Kota Wisata Cibubur dikembangkan sejak 1997 dan hingga saat ini berdiri 48 klaster perumahan dengan desain yang terinspirasi dari eksotika kota-kota besar di dunia dengan lahan seluas 700 hektare. Kota Wisata Cibubur kini tengah menggarap pengembangan lanjutan seluas 160 hektare yang akan mulai dipasarkan pada tahun ini. Pada lahan tersebut terdapat peruntukan bagi universitas, tempat wisata, dan area komersial lain guna menambah kelengkapan township Kota Wisata Cibubur yang nanti dapat dinikmati oleh masyarakat di Jabodetabek.

Baca juga: Sinar Mas Land Manfaatkan Teknologi Microsoft Kembangkan Kota Mandiri

Kota Wisata saat ini fokus untuk mengakomodasi kebutuhan ruang publik dan area komersial seiring dengan bertambahnya populasi masyarakat di wilayah tersebut. Kota Wisata sedang menyiapkan kawasan niaga atau central business district (CBD) yang diawali dengan pengembangan Living World Mall. Kini pusat belanja itu dalam tahap penyelesaian pembangunan yang direncanakan beroperasi pada kuartal IV 2023.

Sebelum pembukaan gerbang Tol Nagrak, Kota Wisata secara strategis dapat diakses masyarakat melalui dua jalan tol. Pertama, Tol Jagorawi gerbang Cibubur kemudian lewat Jalan Alternatif Cibubur yang menghubungkan Kota Wisata ke Jakarta, Bogor, dan sekitarnya. Kedua, gerbang Tol Jatiasih pada ruas Tol JORR yang dapat diakses melalui Jalan Ciangsana. Selain itu, kawasan ini akan ditunjang dengan hadirnya Light Rail Transit (LRT) Cibubur-Dukuh Atas yang akan membuat fasilitas transportasi Kota Wisata semakin lengkap. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat