visitaaponce.com

Jaga Stabilitas Nilai Tukar Rupiah, BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan

Jaga Stabilitas Nilai Tukar Rupiah, BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo tiba untuk menyampaikan keterangan pers di Kantor Pusat BI, Jakarta,(Antara)

RAPAT Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 24-25 Mei 2023 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRRR) sebesar 5,75%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,00%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,50%.

Keputusan ini konsisten dengan stance kebijakan moneter untuk memastikan inflasi inti tetap terkendali pada kisaran 2% - 4% di sisa tahun 2023 dan inflasi indeks harga konsumen (IHK) dapat segera kembali ke kisaran sasaran 2% - 4% pada triwulan III-2023.

Baca juga : Fenomena Meningkatnya Kredit Macet di Fintech Perlu Diwaspadai

“Fokus kebijakan Bank Indonesia diarahkan pada penguatan stabilisasi nilai tukar rupiah untuk mengendalikan barang impor atau imported inflation, serta memitigasi dampak rambatan ketidakpastian pasar keuangan global,” jelas Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo pada paparan Hasil Rapat Dewan Gubernur BI bulan Mei, Kamis (25/5).

Baca juga : Bank Indonesia: Penyaluran Kredit Baru Mei 2023 Diprediksi Meningkat

Kebijakan likuiditas dan makroprudensial longgar tetap dilanjutkan untuk mendorong penyaluran kredit dan pembiayaan, serta tetap terjaganya stabilitas sistem keuangan. Akselerasi digitalisasi sistem pembayaran terus didorong untuk perluasan ekonomi dan keuangan digital serta penguatan sistem dan layanan pembayaran.

Bauran kebijakan moneter makroprudensial dan sistem pembayaran BI terus diarahkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Bank Indonesia terus memperkuat respon bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat