visitaaponce.com

Ekspor Tiongkok Turun ke 7,5 pada Mei

Ekspor Tiongkok Turun ke 7,5% pada Mei
Kapal kargo bermuatan peti kemas berlabuh di pelabuhan Zhoushan di Ningbo, Zhejiang timur, Tiongkok, Selasa (6/6).(AFP.)

EKSPOR Tiongkok turun pada Mei untuk pertama kali sejak Februari. Ini mematahkan rekor pertumbuhan dua bulan karena rebound pascacovid-19 di ekonomi terbesar kedua dunia itu memudar.

Pengiriman luar negeri turun ke 7,5% pada bulan lalu. Ini penurunan tajam dari kenaikan 8,5% pada April. Demikian angka yang diterbitkan oleh kantor berita resmi Xinhua, Rabu (7/6).

Impor turun 4,5% di Mei, menurut Xinhua. Prakiraan dalam survei oleh Bloomberg menunjukkan para ekonom memperkirakan ekspor turun 1,8% dan impor menyusut 8,0%.

Baca juga: Perekrutan Tenaga Kerja Amerika Serikat Melejit pada Mei

Meningkatnya inflasi global, ancaman resesi di tempat lain, dan ketegangan geopolitik dengan Amerika Serikat telah melemahkan permintaan produk Tiongkok.

Ekspor Tiongkok tumbuh pada Maret dan April. Ini menghentikan lima penurunan berturut-turut ketika produksi terganggu oleh penguncian dan penundaan di pelabuhan ketika pihak berwenang menegakkan kebijakan nol covid-19 yang ketat.

Baca juga: Pengangguran Brasil Sentuh Level Terendah Delapan Tahun pada April

Namun pemulihan itu telah kehilangan tenaga. Maklum, ekonomi terbebani sektor properti yang sarat utang, kepercayaan konsumen yang lemah, dan perlambatan ekonomi global. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat