visitaaponce.com

Penjualan Rumah Amerika Serikat Naik Tipis pada Mei

Penjualan Rumah Amerika Serikat Naik Tipis pada Mei
Tanda penjualan dipasang di depan rumah yang terdaftar seharga lebih dari US$1 juta pada 29 April 2022 di San Francisco, California.(AFP/Justin Sullivan.)

PENJUALAN rumah di Amerika Serikat naik tipis pada Mei. Namun aktivitas itu tetap tertekan karena pasokan lebih ketat dan suku bunga masih tinggi. 

Pasar perumahan yang sensitif terhadap suku bunga terpukul karena bank sentral menaikkan suku bunga pinjaman acuan untuk menurunkan inflasi yang membandel. Persediaan hunian jauh di bawah tingkat prapandemi.

Analis mencatat bahwa penurunan dalam aplikasi hipotek baru-baru ini--menyusul kenaikan suku bunga--menunjukkan penjualan yang diredam ke depan. Menurut National Association of Realtors (NAR), Kamis (22/6), penjualan rumah setahun pada Mei, yang membentuk sebagian besar pasar properti AS, naik 0,2% dari April atau sebesar 4,3 juta unit.

Baca juga: The Fed akan Naikkan Suku Bunga Acuan Lebih Banyak Lagi

Namun dari tahun lalu, penjualan turun 20,4%. "Tingkat hipotek sangat memengaruhi arah penjualan rumah," kata Lawrence Yun, kepala ekonom di NAR. Dalam beberapa bulan terakhir, "Tingkat yang relatif stabil telah menyebabkan penjualan rumah yang konsisten selama beberapa bulan berturut-turut," katanya.

Inventaris yang tersedia ialah faktor lain dan, "Aktivitas penjualan rumah yang ada turun cukup besar karena pasokan saat ini kira-kira setengah dari level 2019," kata Yun. Total inventaris perumahan yang terdaftar pada akhir Mei naik sedikit dari April atau tetap 6,1% lebih rendah dari tahun lalu.

Baca juga: Gereja Inggris akan Tarik Investasi di Perusahaan Minyak dan Gas

Median harga rumah yang ada di Mei naik menjadi US$396.100. Ini juga tingkat yang relatif tinggi meskipun hanya 3,1% di bawah Mei tahun lalu. Ini menandai penurunan tahunan terbesar sejak 2011. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat