visitaaponce.com

Libur Idul Adha, Angkasa Pura I Bakal Layani 1 Juta Penumpang

Libur Idul Adha, Angkasa Pura I Bakal Layani 1 Juta Penumpang
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.(MI/Sumaryanto Bronto)

PT Angkasa Pura I atau AP I memperkirakan akan melayani sekitar 1.048.781 penumpang pada periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 2023/1444 Hijriah yang terhitung dari Rabu-Minggu, 28 Juni-2 Juli 2023.

Dari jumlah perkiraan penumpang tersebut terdiri atas 832.532 pergerakan penumpang rute domestik dan 216.249 pergerakan penumpang rute internasional.

“Pada libur panjang kali ini, diperkirakan lebih dari 1 juta penumpang akan dilayani di 15 bandara AP I atau mencapai 210 ribu penumpang per hari," kata Pejabat pengganti sementara (Pgs.) Direktur Utama AP I Lukman F. Laisa dalam keterangan yang dikutip, Rabu (28/6).

Baca juga : Libur Idul Adha, Arus Penumpang Terminal Kalideres Melonjak

AP I juga memprediksi puncak arus pergerakan penumpang akan terjadi pada Rabu, 28 Juni 2023, dengan prediksi trafik mencapai 217.660 pergerakan penumpang di 15 bandara.

Lukman mengatakan dengan potensi lonjakan terjadi selama liburan panjang kali ini, pihaknya telah menyiapkan sejumlah antisipasi untuk menghadapi lonjakan penumpang. Di antaranya dengan memastikan kesiapan infrastruktur utama dan pendukung di bandara, memastikan kesiapan personel, serta menyesuaikan jam operasi bandara apabila diperlukan.

AP I mempersiapkan 4.996 personel di 15 bandara, yang terdiri dari 4.570 personel operasional internal, serta 426 personel keamanan dari TNI dan Polri.

Baca juga : Jadwal Libur Idul Adha 2023 Ditambah, Ada Cuti Bersama ?

Selama periode libur panjang ini, tiga bandara Angkasa Pura I yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar akan beroperasi selama 24 jam dalam satu hari.

Bandara-bandara lain juga akan melakukan penyesuaian jam operasi jika diperlukan, atau dengan menyesuaikan permintaan dari maskapai penerbangan.

"Kami memprediksi Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar akan menjadi bandara dengan trafik yang sibuk selama periode libur ini," ucap Lukman.

Baca juga : Libur Idul Adha, Penumpang Kereta Jarak Jauh Melonjak 68%

Pihaknya mengimbau kepada para pengguna jasa yang hendak melakukan perjalanan udara untuk tetap memperhatikan implementasi protokol kesehatan, berkoordinasi dengan maskapai penerbangan untuk update jadwal perjalanan, serta untuk tiba di bandara lebih awal untuk menghindari kepadatan menuju ke bandara. (Z-4)

 

Baca juga : Libur Idul Adha, Wisata Laut Sabang Tutup

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat