visitaaponce.com

Arus Balik Gelombang 2, Ratusan Ribu Kendaraan Pemudik Belum Keluar dari Jateng

Arus Balik Gelombang 2, Ratusan Ribu Kendaraan Pemudik Belum Keluar dari Jateng
Sebanyak 932.384 kendaraan meninggalkan Jawa Tengah, setelah tradisi syawalan.(Antara)

HAMPIR satu juta kendaraan meninggalkan Jawa Tengah, setelah Tradisi Syawalan arus balik gelombang kedua mulai berlangsung Kamis (18/4). Jumlah kendaraan melintas di beberapa ruas jalan baik itu jalan nasional (Pantura) maupun Tol Trans Jawa kembali meningkat.

Sejak Kamis (18/4) pagi, jumlah kendaraan melintas di jalur Pantura dan Tol Trans Jawa di Jawa Tengah, kembali meningkat. Meski tidak sebesar arus balik gelombang pertama.

"Sedikit meningkat, kepadatan terjadi karena kendaraan balik masih ada dan angkutan barang sudah mulai melintas," kata Sofyan, petugas di Pospam Banyuputih, Batang.

Baca juga : Arus Balik Masih Terlihat di Pantura Jateng

Peningkatan jumlah kendaraan dari Semarang menuju arah Jakarta juga terpantau di ruas Tol Trans Jawa, jumlah kendaraan melintas di GT Kalikangkung Semarang meningkat dibanding biasanya, apalagi mulai Rabu (17/4) hingga Jumat (19/4) PT Jasa Marga (Persero) memberikan diskon 20% untuk semua golongan melintas.

"Jumlah kendaraan arus balik meninggalkan Jawa Tengah akan kembali bertambah mulai Kamis (18/4), posko terpadu Pemprov Jateng akan buka untuk memfasilitasi pemudik balik ke perantauan," kata Plh Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah Erry Derina Riyanto.

Berdasarkan catatan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, lanjut Erry, selama arus balik sebanyak 932.384 kendaraan meninggalkan Jawa Tengah. Di mana 691.746 kendaraan yang lewat jalan nasional dan 240.638 kendaraan melalui  Tol Kalikangkung Semarang. 

Baca juga : Tradisi Syawalan Digelar Serempak di Berbagai Daerah di Pantura Jawa Tengah

"Masih ada sekitar 300 ribu kendaraan pemudik yang belum balik atau keluar Jateng," imbuhnya.

Jumlah kendaraan saat arus mudik 3-11 April, kata Erry, masuk Jawa Tengah sebanyak 1.254.456 kendaraan, dengan rincian 833.906 kendaraan melewati jalan nasional dan 420.550 kendaraan melalui jalan Tol Kalikangkung Semarang.

Menurut Erry, selama lebaran jumlah warga masuk Jawa Tengah menggunakan bus sebanyak  473.556 orang, kereta api ada 493.810 orang, pesawat ada 85.494 orang  dan kapal laut ada 23.463 orang. Sampai Senin (15/4) jumlah pemudik keluar dari Jawa Tengah menggunakan angkutan umum tersebut tercatat  baru 980.821 orang.

"Kami masih terus memantau dan melakukan perhitungan jumlah kendaraan maupun orang, Katena masih banyak yang belum balik dari Jawa Tengah," ujarnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat