visitaaponce.com

Libur Idul Adha, Arus Penumpang Terminal Kalideres Melonjak

Libur Idul Adha, Arus Penumpang Terminal Kalideres Melonjak
Terminal Kalideres, Jakarta Barat.(Antara)

GELIAT lonjakan penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, terlihat saat libur panjang dan cuti bersama perayaan Idul Adha 1444 Hijriah.

Lonjakan penumpang di Terminal Kalideres sudah terjadi sejak Minggu (25/6). Kepala Terminal Bus AKAP Kalideres Revi Zulkarnaen menyampaikan, setiap perayaan hari besar, di mana salah satunya Idul Adha, jumlah penumpang di Terminal Kalideres akan mengalami lonjakan.

“Lonjakan penumpang di Terminal Kalideres sudah terjadi sejak Minggu (25/6). Puncaknya pada Selasa (27/6) malam di mana sebanyak 1.051 penumpang telah diberangkatkan dari Terminal Kalideres,” ujar Revi, Rabu (28/6).

Baca juga : Libur Idul Adha, Angkasa Pura I Bakal Layani 1 Juta Penumpang

Menurutnya, jika pada hari biasa, jumlah penumpang di Terminal Bus Kalideres berkisar 300-350 penumpang. Kemudian, dari jumlah penumpang tersebut sebanyak 70% merupakan penumpang dengan tujuan Sumatera seperti, Riau, Palembang, dan Padang. Kemudian, 30% sisanya menuju kota-kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Sampai hari ini masih ada penumpang yang berangkat mudik. Umumnya tujuan jarak dekat seperti ke Jawa Barat dan Jawa Tengah,” ucapnya.

Sementara itu, Agung Kuncoro, 26, salah seorang penumpang yang akan mudik ke Cilacap melalui Terminal Kalideres mengaku baru bisa berangkat hari ini karena kehabisan tiket.

Baca juga : Jadwal Libur Idul Adha 2023 Ditambah, Ada Cuti Bersama ?

“Tadinya mau berangkat Selasa (27/6), tapi kehabisan tiket makanya baru berangkat hari ini untuk merayakan Iduladha bersama keluarga besok,” kata Agung yang mengaku akan mudik menggunakan Bus Sinar Jaya, sore ini.

Hal sama dikatakan Supriyadi, 47, yang bersama istri akan mudik ke kampung halamannya di Semarang, Jawa Tengah.

“InsyaAllah sore ini saya akan mudik menggunakan Bus Pahala Kencana. Kebetulan hari ini baru libur, jadi baru bisa mudik hari ini juga,” tandasnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat