visitaaponce.com

Ekonomi Meksiko Tumbuh 3,6 di Kuartal Kedua

Ekonomi Meksiko Tumbuh 3,6% di Kuartal Kedua
Pedagang menunggu pelanggan di pasar loak di Mexico City pada 23 Juni 2023.(AFP/Claudio Cruz.)

PEREKONOMIAN Meksiko, terbesar kedua di Amerika Latin, tumbuh sebesar 3,6% pada kuartal kedua 2023 dari periode tahun sebelumnya. Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, produk domestik bruto (PDB) meningkat sebesar 0,9% didorong oleh pertumbuhan jasa.

"Pada paruh pertama 2003, PDB juga tumbuh 3,6% tahun-ke-tahun," kata badan statistik nasional INEGI dalam laporannya, Senin (31/7). "Kami baik-baik saja," kata Presiden Andres Manuel Lopez Obrador menanggapi angka tersebut.

Ekonomi Meksiko tumbuh sebesar 3,1% pada 2022 dan 5% pada 2021 yang bangkit kembali dari kemerosotan terburuk dalam beberapa dekade akibat pandemi virus korona. 

Baca juga: Sri Lanka yang Dilanda Krisis Catat Inflasi Merosot Tajam

Perekonomian masih memiliki potensi lebih besar untuk pulih, menurut Gabriela Siller, kepala analisis ekonomi untuk grup keuangan Banco BASE. "Meksiko telah menunjukkan pertumbuhan yang baik dalam beberapa kuartal terakhir, tetapi dibandingkan dengan tingkat prapandemi, ekspansi PDB rendah dibandingkan dengan negara lain," katanya.

Meksiko berharap mendapatkan keuntungan dari tren nearshoring dari perusahaan AS seperti pembuat mobil listrik Tesla yang memindahkan produksinya lebih dekat ke rumah daripada Asia. Bank sentral, yang telah menaikkan suku bunga acuannya ke rekor tertinggi 11,25% untuk mengatasi inflasi, memperkirakan pertumbuhan PDB sebesar 2,3% untuk 2023.

Baca juga: Tiongkok Umumkan Terobosan Perkuat Konsumsi karena Ekonomi Melambat

The Competitive Intelligence Unit, perusahaan konsultan khusus di kawasan Amerika Latin, mengatakan meskipun pertumbuhan kuartal kedua lebih baik dari yang diharapkan, mungkin masih ada bahaya di depan. Risiko prospek termasuk suku bunga tinggi dan kemungkinan persistensinya yang mengurangi insentif untuk berinvestasi dan mengonsumsi barang dalam jangka pendek. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat