visitaaponce.com

Data Inflasi dan PMI Manufaktur Indonesia Dinanti Pelaku Pasar Keuangan

Data Inflasi dan PMI Manufaktur Indonesia Dinanti Pelaku Pasar Keuangan
Ilustrasi(MI)

Sejumlah data indikator ekonomi hari ini menjadi perhatian pelaku pasar keuangan dalam negeri. Pasar menanti rilis data Purchasing Manager Index (PMI) Manufaktur dan inflasi sepanjang Juli 2023.

Indeks manufaktur Indonesia diprediksi tumbuh melambat namun masih berada di zona ekspansi. Diperkirakan indeks ada di level 52 atau lebih rendah dari bulan sebelumnya di level 52,5.

"Melambatnya pertumbuhan indeks diprediksi sebagai dampak turunnya nilai ekspor," kata Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus, Selasa (1/8).

Baca juga: Berhasil Kendalikan Inflasi, Pemprov DKI Dapat Insentif Rp11,6 Miliar

Hal itu sejalan yang diprediksi mitra dagang yang masih tertekan seiring dinamika perekonomian global, salah satunya Tiongkok yang masih belum pulih ekonominya pasca Covid-19. Itu membuat permintaan komoditas ke Indonesia turut melemah, sehingga kinerja ekspor dan impor cenderung terkoreksi.

"Dengan melambatnya permintaan dan penawaran tentunya ini berdampaknya pada aktivitas industri," kata Nico.

Baca juga: Inflasi Tahunan pada Juli 2023 Diprediksi Turun jadi 3,08 Persen

Pelaku pasar keuangan Indonesia juga menanti rilis data inflasi dari Badan Pusat Statitsik (BPS). Secara proyeksi, inflasi Juli secara tahunan (yoy) diperkirakan berada di level 3,10%-3,15%, dan secara bulanan (mtm) berada di rentang 0,2%-0,25%.

"Artinya secara tahunan inflasi masih berada di antara target Bank Indonesia yaitu 2% hingga 4% (yoy). Inflasi bulan Juli di prediksi ditopang dari faktor musiman salah satunya tahun ajaran baru sekolah, sehingga kelompok pendidikan memberikan kontribusi kenaikan inflasi," kata Nico. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat