visitaaponce.com

PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman dan Prima Selama KTT ASEAN 2023

PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman dan Prima Selama KTT ASEAN 2023
Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo.(Sekretariat Presiden)

PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik untuk kebutuhan selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 5-7 September dalam kondisi aman dan prima.

Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan PLN telah mempersiapkan secara end-to-end mulai dari kesiapan pembangkit, pasokan bahan bakar, sistem operasi, transmisi, gardu induk, distribusi ritel, sistem keselamatan kerja, dan juga dukungan IT.

"Kita sudah mempersiapkan semuanya dalam kondisi baik dan prima, baik itu gardu induk maupun transmisinya dan bukan hanya di Jakarta saja, tetapi juga di Jawa dan Bali," kata Darmawan dalam kegiatan Apel Siaga Kelistrikan KTT ASEAN 2023, Jakarta, Kamis (31/8).

Baca juga: PLN Energi Primer Dorong Insinyur Muda Kembangkan Sistem Kelistrikan Indonesia

Ia menjelaskan, secara sistem perencanaan PLN juga telah melakukan peningkatan keandalan sistem kelistrikan dengan pasokan yang berlapis, serta juga menambahkan spinning reserve (SR), sehingga kondisi sistem kelistrikan dalam menghadapi KTT ASEAN ini dapat menjadi lebih andal.

"Semuanya telah kita siapkan untuk menghadapi KTT ASEAN. Pembangkitnya satu persatu telah disiapkan sehingga semuanya dalam kondisi prima," ujarnya.

Baca juga: PLN EPI Bakal Replikasi Kawasan Green Economy Kerakyatan

Lebih lanjut, PLN juga telah membentuk tim distribusi langsung untuk menjaga di setiap titik venue KTT ASEAN, seperti di Jakarta Convention Center (JCC), di hutan kota Senayan, dan juga tentunya di hotel tempat di mana para delegasi menginap. Hal itu dilakukan untuk mempersiapkan sistem listrik yang lebih andal dan juga anti kedip.

Siapkan SPKLU

Selain itu, PLN juga akan menyediakan tempat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di sekitaran wilayah berlangsungnya KTT ASEAN. Ini untuk memudahkan kendaraan yang digunakan para delegasi untuk mengisi bahan bakar.

"Kita akan siapkan SPKLU dan SPLU (Stasiun Penyedia Listrik Umum), karena nanti tamu-tamu negara akan menggunakan mobil listrik selama di Jakarta. Sehingga, ketika mobil listriknya sudah di parkir, baterainya juga sudah fully charge," tuturnya.

Darmawan berharap, persiapan listrik untuk KTT ASEAN ini dapat berjalan dengan sukses serta kelistrikannya dapat semakin andal dan juga tanpa kedip. Sehingga hal tersebut dapat terus meningkatkan reputasi Indonesia di mata dunia.

"Ini adalah ajang pertaruhan bagaimana reputasi Indonesia di mata dunia. Kami disini akan lebih memberikan dukungan moril, KTT ASEAN ini juga didukung penuh oleh seluruh bangsa Indonesia," ujarnya.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat