visitaaponce.com

Indonesia Sangat Siap Jadi Pesaing di Industri Kendaraan Listrik Global

Indonesia Sangat Siap Jadi Pesaing di Industri Kendaraan Listrik Global
Pengunjung memperhatikan kendaraan listrik yang dipajang dalam PEVS 2024(ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

DIREKTUR Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) Ahmad Safrudin, menyebut bahwa Indonesia sudah sangat siap untuk menjadi pesaing di industri kendaraan listrik. Mulai dari regulasi hingga keseriusan pemerintah membangun ekosistem kendaraan listrik merupakan langkah strategis.

"So far sangat siap. Regulasi percepatan BEV (kendaraan listrik berbasis battery) sudah baik dan kondusif, animo masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik cukup tinggi," ujarnya kepada Media Indonesia, Rabu (3/7).

Menurutnya, industri kendaraan listrik di Indonesia saat ini sudah mulai bangkit. Dengan didukung potensi sumber daya alam yang menjadi bahan baku pembuatan kendaraan listrik seperti nikel, Indonesia memiliki posisi kuat untuk menarik investor asing.

Baca juga : Indonesia dan Australia Jalin Kerja Sama Dorong Industri Kendaraan Listrik 

"Industri pabrikan kendaraan listrik sudah bangkit, kemauan investor pengadaan kendaraan listrik juga sudah bangkit. Kemudian, infrastruktur seperti fasilitas charger umum perlahan namun pasti terus bertambah dan fiskal (insentif/potongan pajak) sangat memadai," jelasnya.

Meski demikian, menurut Ahmad masih ada PR untuk percepatan penerapan kendaraan listrik. Pemerintah perlu segera menetapkan standar karbon kendaraan.

Sementara itu, pengamat otomotif Bebin Djuana menyebut peresmian ekosistem baterai dan kendaraan listrik yang dilakukan Jokowi merupakan sebuah langkah strategis. Pemerintah sangat serius untuk menjadikan Indonesia pemain global di industri kendaraan listrik.

Baca juga : RI Bisa Jadi Pemain Utama Kendaraan Listrik Dunia

"Jika pabrik baterai sudah siap produksi untuk kendaraan listrik di negara kita tentu ini sebuah langkah besar untuk beralihnya dari kendaraan konvensional yang mengkonsumsi minyak bumi, tentu harus disertai produksi mesin-mesin pengisiannya (charging station ), supaya kita tidak bergantung pada negara luar," ucapnya.

"Pemerintah sudah memperlihatkan tekadnya untuk perubahan ini dengan regulasi-regulasi yang memudahkan masyarakat untuk beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan sambil berhemat dalam konsumsi minyak bumi.

Sudah banyak merk baru yang mau memproduksi kendaraan listrik di negeri kita, hal ini ikut mendorong ekosistem kendaraan listrik," tandasnya. (Van/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat