visitaaponce.com

Pelaku Pasar Yakin BI Rate akan Bertahan di 5,75

Pelaku Pasar Yakin BI Rate akan Bertahan di 5,75%
Ilustrasi(Antara)

Hari ini pelaku pasar dalam negeri menanti arah kebijakan Bank Indonesia sehubungan dengan kebijakan suku bunga acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) yang akan dirilis siang ini.

Bank Indonesia (BI) menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 20-21 September 2023. Pasar tampaknya optimistis bank sentral masih akan mempertahankan suku bunga acuan di level 5,75%.

"Hal ini dilatarbelakangi sikap pasar seiring dengan solidnya data ekonomi dalam negeri," kata Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus, Kamis (21/9).

Baca juga: LPEM UI: Tidak Ada Urgensi bagi BI untuk Naikkan Suku Bunga

Selain itu, menurutnya, dengan terkendalinya inflasi dan nilai rupiah yang stabil, tidak ada alasan bagi BI untuk menaikkan suku bunga acuan.

"Jika keputusan suku bunga acuan BI Rate tidak berubah, hal itu sejalan dengan fokus utama menjaga stabilitas nilai tukar dan sistem keuangan, di tengah prakiraan inflasi yang rendah dan upaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi," kata Nico.

Baca juga: BI: Penyaluran Kredit Baru Meningkat pada Agustus 2023

Hal tersebut mencerminkan kebijakan Bank Indonesia terus memperkuat sinergi dengan Pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan, dalam rangka menjaga stabilitas sistem keuangan dan meningkatkan kredit/pembiayaan kepada dunia usaha, sektor-sektor prioritas, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, ekspor, serta inklusi ekonomi dan keuangan. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat