visitaaponce.com

Pertumbuhan Ekonomi Negara Berkembang pada 2023 Diprediksi di Atas Rata-Rata Global

Pertumbuhan Ekonomi Negara Berkembang pada 2023 Diprediksi di Atas Rata-Rata Global
BPS memproyeksikan pertumbuhan ekonomi negara berkembang di atas pertumbuhan ekonomi global(MI/Usman Iskandar)

PELAKSANA tugas (Plt) Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Adininggar Widyasanti menyebut bahwa International Money Foundation (IMF) memperkirakan pertumbuhan ekonomi global pada 2023 akan melambat dibandingkan 2022. Namun demikian pertumbuhan ekonomi negara berkembang diproyeksikan masih tumbuh di atas pertumbuhan ekonomi global dan pertumbuhan ekonomi negara maju.

"Kondisi ekonomi beberapa negara ekonomi mitra dagang utama Indonesia pada triwulan III 2023 tetap tumbuh meskipun pada umumnya pertumbuhan triwulan III 2023 di beberapa negara memang relatif lebih lambat daripada triwulan II tahun 2023 seperti Tiongkok dan India," kata Amalia saat acara Rilis BPS pada Senin (6/11).

Selain itu, yang juga berpengaruh terhadap kinerja perekonomian Indonesia adalah perkembangan kinerja perdagangan internasional. Penurunan harga komoditas di pasar global berpengaruh terhadap penurunan nilai ekspor beberapa komoditas ekspor unggulan Indonesia.

Baca juga: Indonesia Comic Con X DG Con 2023 Jadi Ruang Pertumbuhan Ekonomi Kreatif

"Dari sisi nilai ekspor batubara, CPO dan nikel pada triwulan III 2023 ini lebih rendah dibandingkan triwulan II 2023 dan triwulan yang sama pada tahun sebelumnya, namun dari sisi volume masih meningkat," jelasnya.

Seperti contoh, batubara secara year on year (yoy) turun 5,25%, kemudian CPO turun 6,29%. dan nikel naik 22,88%. Meskipun mengalami tren penurunan, neraca perdagangan Indonesia telah mencatatkan surplus selama 41 bulan berturut-turut.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diprediksi Capai 5% Meski Ketidakpastian Global Meningkat

"Pada triwulan 3 2023 surplus neraca perdagangan mencapai US$7,83 miliar atau naik sekitar 0,17% dibandingkan dengan triwulan sebelumnya," tandasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat