visitaaponce.com

PBB Desak Investasi Energi Bersih Besar-besaran di Negara Berkembang

PBB Desak Investasi Energi Bersih Besar-besaran di Negara Berkembang
Ilustrasi energi bersih pada pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB)(ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

PERSERIKATAN Bangsa-Bangsa (PBB) menyerukan investasi besar-besaran terhadap bidang energi bersih di negara-negara berkembang. Apalagi hanya ada sedikit harapan untuk menanggulangi secara efektif ancaman perubahan iklim pada tahun 2030.

Badan perdagangan dan pembangunan PBB, UNCTAD melaporkan negara-negara berkembang membutuhkan investasi energi terbarukan sekitar US$1,7 triliun per tahun. Namun hanya menarik investasi asing langsung dalam energi bersih senilai US$544 miliar di tahun 2022.

"Kita tidak dapat memenuhi kebutuhan energi dunia dan melindungi planet kita serta masa depan kita tanpa investasi besar-besaran dari sektor swasta di bidang energi terbarukan di negara-negara berkembang," ujar Kepala PBB Antonio Guterres.

Baca juga : Menteri LHK dan Presiden IUCN Bahas Kerja Sama Pelestarian Keanekaragaman Hayati

"Kita setidaknya terlambat satu dekade dalam upaya kita memerangi pemanasan global. Oleh karena itu, investasi dalam energi terbarukan di negara-negara berkembang sangat penting dan seringkali merupakan cara yang paling ekonomis untuk menjembatani kesenjangan energi,” ujarnya.

"Namun, meskipun transisi menuju energi terbarukan merupakan prioritas global, investasi dalam infrastruktur dan efisiensi energi masih jauh dari yang dibutuhkan,” tambahnya.

Investasi internasional dalam energi terbarukan meningkat hampir tiga kali lipat sejak kesepakatan iklim Paris dicapai pada tahun 2015, UNCTAD mencatat dalam Laporan Investasi Dunia tahunannya. Namun, sebagian besar pertumbuhan tersebut terjadi di negara-negara maju.

Baca juga : Kritik pada Kesepakatan Rancangan Iklim COP28 yang Kurang Komitmen Penghentian Bahan Bakar Fosil

Sejak tahun 2015, 31 negara berkembang, termasuk 11 negara kurang berkembang, belum mendaftarkan satu pun proyek investasi internasional berukuran besar di bidang energi terbarukan atau sektor transisi energi lainnya.

"Skala tantangannya sangat besar," ujar kepala UNCTAD Rebeca Grynspan.

"Peningkatan yang signifikan dalam investasi dalam sistem energi berkelanjutan di negara-negara berkembang sangat penting bagi dunia untuk mencapai tujuan iklim pada tahun 2030,” pungkasnya. (CNA/Fer/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat