visitaaponce.com

Inflasi Amerika Serikat Turun Menjadi 3,2 selama Oktober

Inflasi Amerika Serikat Turun Menjadi 3,2% selama Oktober
Pelanggan berbelanja barang di toko retail pada 13 November 2023 di Miami, Florida.(AFP/Joe Raedle.)

INFLASI konsumen Amerika Serikat (AS) menurun lebih dari perkiraan pada bulan lalu. Ini menurut data pemerintah yang diterbitkan pada Selasa (14/11). Hal tersebut memberikan kabar baik bagi para pengambil kebijakan yang ingin mengendalikan kenaikan harga tanpa merusak perekonomian.

Pengukur inflasi indeks harga konsumen (CPI) meningkat sebesar 3,2% dalam 12 bulan hingga Oktober atau turun dari 3,7% pada bulan sebelumnya. Departemen Tenaga Kerja mengatakan itu dalam satu pernyataan.

Inflasi tidak berubah dari bulan ke bulan pada Oktober dibandingkan September. Ada penurunan tajam bulanan pada harga energi. Baik angka tahunan maupun bulanan berada di bawah ekspektasi median para ekonom yang disurvei oleh MarketWatch.

Baca juga: SoftBank Group Catat Kerugian Juli-September akibat Start-up Bangkrut

Meskipun penurunan indeks bahan bakar bertanggung jawab atas perlambatan harga, kata Departemen Tenaga Kerja, hal ini sebagian diimbangi oleh kenaikan indeks perlindungan yang berkelanjutan. Meskipun penurunan inflasi merupakan kabar baik bagi konsumen, tingkat inflasi saat ini yang diukur dengan berbagai alat ukur masih berada di atas target jangka panjang Federal Reserve sebesar dua persen.

Bank sentral AS baru-baru ini mempertahankan suku bunga pinjaman utamanya pada level tertinggi dalam 22 tahun untuk pertemuan kedua berturut-turut. Ini menyebabkan beberapa analis dan pedagang memperkirakan pengetatan kebijakan moneter sudah berakhir.

Baca juga: Tiongkok kembali Alami Deflasi pada Oktober

Namun sejak saat itu, sejumlah pengambil kebijakan, termasuk Ketua Fed Jerome Powell, telah mengindikasikan bahwa mereka siap untuk menaikkan suku bunga lagi, jika perlu, untuk menurunkan kenaikan harga sesuai target. Dengan mengecualikan segmen pangan dan energi yang bergejolak, kata Departemen Tenaga Kerja, inflasi inti turun menjadi 4,0% pada bulan lalu, perubahan terkecil dalam 12 bulan sejak periode yang berakhir September 2021. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat