visitaaponce.com

ESDM Minta Pertamina Jaga Kuota Solar Supaya Tak Langka

ESDM Minta Pertamina Jaga Kuota Solar Supaya Tak Langka
Petugas SPBU melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) subsidi.(Antara)

MENTERI Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meminta PT Pertamina (Persero) mengamankan stok bahan bakar minyak (BBM) jenis bahan bakar tertentu (JBT) atau solar subsidi agar tidak langka di akhir tahun.

Sebelumnya, Pertamina memproyeksikan kuota solar akan over atau jebol hingga akhir tahun. Perusahaan pelat merah itu mengusulkan penambahan kuota solar sebesar 1,3 juta kilo liter (kl), dari kuota awal 16,8 juta kl menjadi 18,1 juta kl.

"Kami minta sama Pertamina jangan sampai kekurangan di lapangan karena memang memasuki akhir tahun harus betul-betul disiapkan (kuota solar)," kata Arifin di Jakarta, Jumat (1/12).

Baca juga: SKK Migas Ungkap Biang Kerok Lifting Migas Gagal Capai Target

Menteri ESDM juga mendorong Pertamina melakukan pengawasan yang ketat untuk meminimalisir penyelewengan distribusi solar subsidi supaya penyaluran tepat sasaran.

"Pertamina juga harus melakukan pengawasan di lapangan supaya yang berhak yang menerima (solar). Jadi, jangan sampai kekurangan suplai," ungkapnya.

Baca juga: Pertamina Beri Sanksi SPBU di Jateng-DIY tidak Patuhi Aturan Penyaluran BBM Bersubsidi

Arifin menjelaskan penyaluran BBM subsidi masih mengacu pada pagu anggaran yang sudah ada. Diketahui Kementerian Keuangan menganggarkan subsidi dan kompensasi energi sebesar Rp339,6 triliun pada tahun ini

"Untuk solar kan sudah dibahas. Prinsipnya masih pakai pagu yang ada," pungkasnya.

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VII DPR RI, Selasa (21/11), Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjelaskan potensi over kuota BBM subsidi dipengaruhi oleh kebutuhan yang tinggi dari konsumen seiring pertumbuhan ekonomi yang membaik.

"Dengan pertumbuhan ekonomi yang membaik ini, ada kemungkinan terjadinya over kuota yaitu untuk Solar dan LPG. Walaupun over kuota, serta ada peningkatan dari volume, tetapi dari sisi kebutuhan anggaran sangat aman,” ujar Nicke dalam keterangan resmi.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat