visitaaponce.com

Sinar Mas Land dan Chandra Asri Bangun Jalan Aspal Limbah Plastik

Sinar Mas Land dan Chandra Asri Bangun Jalan Aspal Limbah Plastik
Peresmian pembangunan jalan dengan campuran sampah plastik hasil kerja sama Sinar Mas Land dan Chandra Asri, Tangerang, Rabu (13/12).(Dokpri.)

BERDASARKAN data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebutkan bahwa hasil penginputan data dari 310 kabupaten/se-Indonesia, jumlah timbunan sampah nasional mencapai angka 36,1 juta ton/tahun pada 2022. Dari total produksi sampah nasional tersebut, 64.01% (23,1 juta ton/tahun) dapat terkelola, sedangkan sisanya 35,99% (13,02 juta ton/tahun) belum terkelola dengan baik. Untuk mengatasi masalah terkait produksi sampah, khususnya sampah plastik diperlukan metode penyelesaian yang baik, salah satunya mengimplementasikan konsep ekonomi sirkular yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, bisnis, dan lingkungan. 

Sinar Mas Land terus berkomitmen dalam menyediakan solusi inovatif untuk pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Untuk itu, Sinar Mas Land bermitra dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri Group) mengembangkan infrastruktur berbasis ekonomi sirkular melalui penerapan aspal plastik di BSD City sejak 2021. Di akhir 2023, kedua perusahaan sukses merampungkan jalan aspal sepanjang 8,6 kilometer di kawasan BSD City. Inisiatif ini setara dengan memanfaatkan 164,2 juta lembar plastik kresek atau setara dengan mengalihkan 410,57 ton sampah plastik kresek dari TPA. Pencapaian kolaborasi antara Sinar Mas Land dan Chandra Asri Group juga turut menjadikan kawasan BSD City sebagai township pertama di Indonesia yang memanfaatkan aspal plastik. 

"Suatu kehormatan bagi kami di wilayah Kabupaten Tangerang oleh Dinas PUPR dijadikan percontohan penerapan aspal dengan campuran sampah plastik. Terima kasih Sinar Mas Land bersama Chandra Asri Group yang telah mengembangkan program aspal plastik, sungguh menjadi prestasi bagi kami di Kabupaten Tangerang. Penerapan aspal dengan campuran sampah plastik bukan hanya inovasi keberlanjutan, tetapi bisa menjadi tonggak sejarah baru bagi pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tangerang. Tentu saya juga berharap kegiatan ini dapat diimplementasikan di jalan utama dan jalan-jalan lain di wilayah Kabupaten Tangerang. Kami mengapresiasi inovasi terobosan teknologi sebagai wujud komitmen kita bersama-sama untuk terus maju menghasilkan solusi berkelanjutan dan menjaga lingkungan untuk generasi mendatang," ujar Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono, Tangerang, Rabu (13/12).

Direktur Bina Teknis Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR Yudha Handita Pandjiriawan menjelaskan pihaknya telah meneliti aspal plastik di 2017 dan mengapresiasi Chandra Asri Group karena mengaplikasikannya pada 2018 di pabrik Cilegon serta berkolaborasi dengan Sinar Mas Land. Harapannya, ke depan ini bisa menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan properti lain. Dengan demikian, permasalahan sampah plastik bisa kita selesaikan bersama.

Baca juga: Mengharukan, Web Series Ruang Rindu Tayang Perdana 12 Desember

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dony Martadisata mengatakan dalam komitmen mendukung pelestarian lingkungan di Indonesia, pihaknya mengakui urgensi tindakan konkret dalam menghadapi tantangan perubahan lingkungan. "Kami yakin bahwa penanganan limbah plastik merupakan salah satu permasalahan yang memerlukan solusi terstruktur. Kolaborasi antara Sinar Mas Land dengan Chandra Asri Group merupakan bukti nyata untuk menciptakan pembangunan yang berkelanjutan. Penerapan aspal plastik di BSD City bukan hanya inovasi teknologi, tetapi juga mendukung pengembangan infrastruktur yang ramah lingkungan serta diharapkan memberdayakan masyarakat lokal dalam membangun model ekonomi sirkular yang berdampak positif. Ke depan, kami berharap aplikasi aspal plastik di BSD City tidak berhenti sampai di sini, tetapi kami juga akan mencari kesempatan baru agar aspal plastik ini dapat digunakan di proyek lain Sinar Mas Land," ujarnya.

Direktur Legal, External Affairs & Circular Economy Chandra Asri Group Edi Rivai menyampaikan perusahaan terus berkomitmen menyelesaikan permasalahan sampah plastik melalui konsep ekonomi sirkular. Salah satu upayanya ialah menginisiasi penggunaan limbah plastik sebagai campuran aspal dengan pendekatan kolaborasi multipihak sesuai dengan komitmen pada Our Ocean Conference 2018 untuk melakukan implementasi 100 km aspal plastik pada 2023. 

Baca juga: Sinar Mas Land dan Bank Ina Mudahkan Konsumen Punya Properti

Pihaknya sangat senang dapat berkolaborasi dengan Sinar Mas Land untuk merealisasikan misi dalam penggunaan aspal plastik sebagai upaya untuk mengurangi sampah plastik terbuang ke TPS. Kesuksesan proyek aspal plastik di BSD City sekaligus menegaskan kembali bahwa setiap pemangku kepentingan memiliki peranan penting dalam mengentaskan permasalahan sampah plastik di Indonesia. Chandra Asri Group berharap yang telah dilakukan bersamaa Sinar Mas Land dapat menginspirasi lebih banyak institusi untuk proaktif dan ikut serta mengadopsi aspal plastik.

Chandra Asri Group sejak 2018 mengimplementasikan aspal dengan campuran sampah plastik melalui program Aspal Plastik untuk Indonesia Asri bersama dengan pemangku kepentingan lain. Program ini merupakan bagian dari upaya Chandra Asri Group mengimplementasikan model ekonomi sirkular. Sebagai informasi, Chandra Asri Group sudah mengadakan aspal dengan campuran sampah plastik di berbagai kota di Indonesia seperti Cilegon, Tegal, dan Semarang bersama dengan pemerintah setempat. Selain itu, Chandra Asri Group juga bekerja sama dengan institusi pendidikan yaitu Universitas Indonesia di Depok dan Universitas Dian Nuswantoro di Semarang. Hingga September 2023, total jalan dengan aspal sampah plastik oleh Chandra Asri Group bersama para mitra sepanjang 87,4 km dan 751,9 ton sampah plastik telah berhasil terkelola dari TPA. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat