visitaaponce.com

Kemnaker Kembangkan Sistem SIAPkerja untuk Permudah Masyarakat Akses Layanan Pekerjaan

Kemnaker Kembangkan Sistem SIAPkerja untuk Permudah Masyarakat Akses Layanan Pekerjaan
Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi.(Dok. MI/Adam Dwi)

KEMENTERIAN Tenaga Kerja (Kemnaker) saat ini tengah mengembangkan sebuah sistem yang terintegrasi serta terhubung dalam rangka ekosistem ketenagakerjaan agar bisa dikelola dengan baik.

"Satu sistem yang kita perkenalkan dengan namanya SIAPkerja, jadi sistem informasi aplikasi pelayanan pekerjaan. Di Dalam sistem itu dikenal ada skillhub yang merupakan informasi marketplace yang bisa dilihat kira-kira keterampilan apa yang dibutuhkan, pelatihan-pelatihan mana yang mungkin BLK mana yang mereka bisa ikuti," tutur Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi pada Sabtu (3/2).

Selain Skillhub, ada pula sistem yang bernama Sertihub. Di Dalam Sertihub sendiri, seseorang yang sudah mengikuti pelatihan akan diberikan sertifikat kompetensi dari sistem tersebut.

Baca juga : Pengangguran Terbuka di Indonesia Turun di Angka 5,32%

"Ini akan ada sesuatu yang membuktikan bahwa dia kompeten terhadap sebuah bidang pekerjaan tertentu," jelasnya.

Selain itu, ada sistem Karirhub yang berisi informasi terkait dengan lowongan-lowongan pekerjaan. Kemnaker saat ini terus mengupayakan agar perusahaan-perusahaan mengirimkan informasi-informasi terkait dengan lowongan pekerjaan.

"Sehingga dengan adanya Karirhub ini harapan kita kedepan ini betul-betul Kemnaker menjadi rumah besar untuk adanya sebuah transaksi antara demand dengan supply ketenagakerjaan," tandasnya.

Baca juga : Wapres Perintahkan Kemenaker Percepat Serap Tenaga Kerja

Terakhir adalah sistem Bizhub yang merupakan sebuah marketplace yang ditujukan untuk seseorang bisa mengembangkan jiwa kewirausahaannya dengan berbagai program-program yang memang ditawarkan oleh Kemnaker.

"Bahkan kedepan kita juga bisa mengkurasi, mengumpulkan informasi-informasi perkembangan kewirausahaan yang dilakukan oleh berbagai instansi pemerintah baik pusat dan daerah bahkan mungkin oleh swasta. Mudah-mudahan event ini akan bisa menjadi model yang nanti terus akan kita kembangkan menjadi bagian kita untuk mensosialisasikan berbagai program kegiatan yang dilakukan oleh Kemnaker," pungkasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat