visitaaponce.com

Transportasi Publik jadi Pilihan untuk Masyarakat Mudik di Tahun Ini

Transportasi Publik jadi Pilihan untuk Masyarakat Mudik di Tahun Ini
Kepadatan kendaraan saat pemberlakuan sistem lawan arah (contraflow) di keluar pintu tol Ciawi, jalur wisata Puncak, Gadog.(Dok. Antara)

BERDASARKAN hasil Survei Potensi Pergerakan Angkutan Lebaran Tahun 2024 yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, masyarakat diketahui lebih memilih transportasi publik atau kendaraan umum untuk mudik tahun ini.

Dari survei tersebut diketahui, masyarakat yang memilih moda KA antar kota 39,32 juta orang (20,30%), bus 37,61 juta orang (19,37%), mobil pribadi 35,42 juta orang (18,29%) dan sepeda motor 31,12 juta orang (16,07%).

"Berkebalikan dengan tahun-tahun sebelumnya, pilihan kendaraan pribadi menjadi favorit. Pada Lebaran 2023, moda transportasi yang diminati tertinggi adalah mobil pribadi 27,32 juta (22,1%). Berikutnya sepeda motor 23,13 juta orang (20,3%) dan bus 22,77 juta orang (18,4%) dan KA antar kota 14,47 juta orang (11,69%)," kata pengamat transportasi Indonesia, Djoko Setijowarno dikutip pada Minggu (24/3).

Baca juga : 82,2% Masyarakat Puas dengan Kebijakan One Way Mudik Lebaran 2023

Ia menilai bahwa masyarakat yang memiliih mobil pribadi dan sepeda motor meningkat, namun peningkatan itu masih lebih tinggi memilih moda KA antar kota dan bus. Untuk pertama kali musim lebaran 2024 beroperasi kereta cepat Whoosh dan diminati 1,42 juta orang (0,73%

"Tantangan bagi pemerintah untuk menyediakan transportasi umum antar kota. Juga transportasi umum di daerah segera dibenahi. Kebijakan rekayasa lalu lintas searah (one way) di jalan tol harus dipikir masak-masak, supaya bus yang akan kembali ke Jakarta tidak terhambat dan penumpang tidak menunggu lama di terminal penumpang," jelasnya.

Pilihan contra flow di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur dinilai lebih bijak agar sopir tidak lama di perjalanan dan tidak membuat penumpang tidak menunggu lama di terminal penumpang.

Baca juga : Jumlah Pemudik Gunakan Angkutan Umum Meningkat 7,77 Persen Dari Tahun Lalu

"Pemudik di jalan tol diarahkan ke jalan arteri seperti pantura dan kerjasama dengan pemda untuk menyiapkan sejumlah tempat istirahat yang dekat gerbang tol. UMKM di sepanjang jalan arteri berkembang dan akan mendapatkan keuntungan," ungkap dia.

Mendasari hasil survey yang sama, selama musim Lebaran Tahun 2024 diperkirakan perputaran uang mencapai hingga Rp148,8 triliun.

"Berdasarkan jumlah yang ikut mudik, rata-rata per orang membawa 3 orang artinya rata-rata 1 keluarga pergi 4 orang. Rata-rata satu keluarga 4 orang bepergian, berdasarkan perhitungan biaya yang dihabiskan, diketahui rata-rata per orang menghabiskan Rp768.386," tandasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat