visitaaponce.com

Pembangunan Rel Kereta Api Lintas Kalimantan Diharapkan segera Terwujud

Pembangunan Rel Kereta Api Lintas Kalimantan Diharapkan segera Terwujud
Ilustrasi kereta api jarak jauh.(Dok. Antara)

GUBERNUR Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor berharap rencana pembangunan jalur kereta api yang menghubungkan antar wilayah di Pulau Kalimantan hingga ke Malaysia dan Brunei dapat terealisasi. Transportasi massal kereta api merupakan salah satu program pembangunan yang belum bisa terwujud selama dirinya menjabat Gubernur Kalsel dua periode 2014–2024.

Hal itu dikemukakan Sahbirin Noor di sela-sela pemancangan tiang pertama (ground breaking) pembangunan Gedung DPRD Kalsel dan peletakan batu pertama pembangunan rumah jabatan Gubernur di kawasan perkantoran Sekda Provinsi Kalsel, di Banjarbaru, Rabu (5/6).

"Salah satu impian kita yang belum terwujud selama saya jadi gubernur adalah pembangunan rel kereta api untuk transportasi massal," tuturnya.

Baca juga : 10 KA Jarak Jauh Paling Banyak Mengangkut Penumpang selama Libur Idul Adha

Karena itu kita berharap rel kereta api di Kalsel agar transportasi massal yang memudahkan akses bagi masyarakat yang bermuara pada peningkatan ekonomi di Kalsel dan pulau Kalimantan dapat segera terwujud. Lebih jauh dikatakan Sahbirin, pembangunan infrastruktur untuk peningkatan pelayanan umum dan hajat hidup masyarakat menjadi fokus pemerintah daerah.

Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Sulhan mengakui pembangunan rel atau jalur kereta api di Kalsel masih belum ada kejelasan.

"Itu memang program pemerintah pusat dan juga dimasukkan dalam program Banjarbakula Provinsi Kalsel. Sudah kita usulkan sejak 10 tahun terakhir namun memang belum terealisasi," ungkapnya.

Baca juga : PT KAI Kembali Operasikan Kereta Api Jarak Jauh

Dengan ditetapkannya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, wacana pembangunan jalur kereta api ini kembali mencuat. Tidak hanya di Kalsel tetapi juga diharapkan akan menjangkau seluruh wilayah Kalimantan hingga negara tetangga Malaysia dan Brunei Darussalam.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kalsel, M Fitri Hernadi mengatakan informasi yang mereka terima dari Kementerian Perhubungan diketahui pembangunan jalur rel kereta api dari Tanjung sampai ke Banjarmasin ini baru akan terbangun pada tahun 2030-2035 mendatang. Ini menjadi bagian rute kereta api dari IKN menuju daerah-daerah sekitar.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat