visitaaponce.com

Dirjen Perhubungan Darat Gelar Kampanye Keselamatan Transportasi Danau dan Sungai

Dirjen Perhubungan Darat Gelar Kampanye Keselamatan Transportasi Danau dan Sungai
Dirjen Hubungan Darat Risyapudin Nursin menyerahkan jaket keselamatan kepada nahkoda kapal di Waduk Jatiluhur, Purwakarta.(MI/REZA SUNARYA)

DIREKTUR Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Risyapudin Nursin
menegaskan, ada tiga faktor utama yang berkaitan dengan keselamatan
transportasi sungai, danau dan penyeberangan. Ketiganya adalah faktor
manusia, kondisi kapal dan cuaca.

"Faktor manusia ini meliputi nakhoda dan penumpang. Seorang nakhoda harus betul-betul disiplin dan mengutamakan SOP. Nakhoda wajib memperhatikan kapasitas jumlah penumpang termasuk penggunaan life jacket atau baju pelampung," katanya saat menghadiri Kampanye Keselamatan Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan  di Waduk Jatiluhur Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (21/6).

Dia menambahkan kalau ada penumpang yang masih menolak menggunakan piranti keselamatan, maka perlu diberikan imbauan. Kalau masih juga membandel, maka dipersilakan turun dari kapal.

Baca juga : Transportasi Publik jadi Pilihan untuk Masyarakat Mudik di Tahun Ini

"Nakhoda harus tegas dan berani dalam menerapkan SOP. Kalau seluruh
penumpang sudah menggunakan life jacket baru boleh diberangkatkan. Itu pun dengan catatan tidak melebihi kapasitas," ujarnya.

Terkait masalah kondisi kapal, lanjut dia, juga harus menjadi perhatian. Apabila kondisinya tidak layak atau ada kerusakan maka jangan dipaksakan.

"Selanjutnya, cuaca dan lingkungan juga harus diperhatikan. Apabila angin kencang, gelombang besar jangan sekali-sekali bikin jadwal," ucap
Risyapudin.

Baca juga : LRT Jabodebek Resmi Jadi Objek Vital Nasional

Dia mengatakan, kampanye keselamatan ini menjadi penting diberikan,
khususnya kepada masyarakat yang ada di Jatiluhur karena memang
transportasi yang ada adalah melalui danau dan sungai.

"Akan tetapi, perlu diingat bahwa keselamatan itu menjadi tanggung
jawab bersama, karena unsur keselamatan ini perlu adanya kepedulian dari pemerintah daerah dan semua pihak terkait," lanjutnya.

Melalui kampanye keselamatan ini, sambung Risyapudin, pihaknya ingin mengedukasi dan sosialisasi. "Yang pada akhirnya kita berharap bahwa keselamatan itu datang dari diri kita masing-masing dengan penuh kesadaran dan jangan menganggap remeh karena faktor keselamatan ini yang utama," ujarnya.

Selain mengampanyekan keselamatan keselamatan transportasi sungai, danau dan penyeberangan, Dirjen Perhubungan Darat juga membagikan 300 life jacket kepada para nakhoda dan pemilik kapal yang hadir.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat