visitaaponce.com

Bapanas Upayakan Perpanjang Masa Stok Pangan Jelang Lebaran

Bapanas Upayakan Perpanjang Masa Stok Pangan Jelang Lebaran
Ilustrasi Warga membeli cabai saat Gerakan Pangan Murah di Kota Kediri.(Antara)

DIREKTUR Distribusi dan Cadangan Pangan, Badan Pangan Nasional (Bapanas) Rachmi Widiriani menjelaskan untuk komoditas selain beras seperti cabai, daging, hingga bawang merah yang memiliki masa waktu simpan pendek diupayakan diperpanjang dengan penyediaan 30 cold storage.

"Untuk komoditas yang variabel tadi memang waktu simpannya pendek jadi Bapanas saat ini sudah meletakkan 30 alat untuk memperpanjang masa simpan untuk bawang merah, cabe dan untuk memperpanjang masa simpan daging-dagingan jadi ada Air Blast Freezer (ABF) dan cold storage saat ini baru 30 titik sebetulnya," kata Rachmi dalam konferensi pers secara daring, Senin (1/4).

Di 30 titik-titik tersebut masyarakat dapat memperoleh komoditas yang variabel tersebut dengan harga pertama karena dia dikelola oleh yang pertama pelaku yang ada di hulu sehingga itu diharapkan menjadi hub untuk distribusi pangan di wilayah sekitarnya.

Baca juga : Harga Cabai dan 3 Komoditas Pangan Naik Jelang Pemilu 2024

Kemudian Bapanas menjamin ketersediaan pangan merata dan tidak terpusat di satu titik. Kegiatan untuk mendistribusikan kalau di badan pangan ada fasilitasi distribusi dan juga bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan mengoptimalkan penggunaan tol laut itu sejak 2023 sudah dimaksimalkan sehingga lokasi atau posisi bahan pangan itu sudah sebarannya merata.

"Kemudian yang kedua adalah ada kerja sama antar daerah jadi di Bapanas juga ada forum ke para kepala dinas provinsi kabupaten/kota untuk menginformasikan wilayah mana yang produksinya kurang. Sehingga dapat segera diantisipasi," ujar dia.

Untuk dari wilayah-wilayah yang produk produsen ke wilayah konsumen menggunakan fasilitas distribusi jadi Bapanas ada anggaran untuk membantu untuk fasilitasi distribusi sehingga diharapkan itu bisa sebarannya juga merata.

"Selain itu Bulog dengan semua gudangnya yang ada di wilayah seluruh Indonesia ini juga dimaksimalkan untuk stok beras jadi barang stok beras juga merata di seluruh gudang Bulog," pungkasnya. (Iam/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat