visitaaponce.com

Konflik Iran-Israel Berdampak Minor pada Perdagangan Internasional Indonesia

Konflik Iran-Israel Berdampak Minor pada Perdagangan Internasional Indonesia
Konflik Iran-Israel berdampak minor pada Indonesia(AFP)

MEMANASNYA tensi geopolitik Iran dengan Israel diyakini hanya memberi dampak minor terhadap kinerja perdagangan internasional Indonesia. Hal itu merujuk dari realisasi dagang antara Indonesia dengan dua negara tersebut di 2023 yang terbilang cukup kecil.

"Saya garisbawahi, secara umum, dapat disimpulkan nilai perdagangan Indonesia dengan Iran dan Israel relatif kecil, keduanya bukan mitra dagang utama di Timur Tengah," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (22/4).

Data BPS menunjukkan, nilai ekspor Indonesia ke Iran pada 2023 senilai US$195,13 juta, setara 2,15% terhadap total ekspor Indonesia ke Timur Tengah. Komoditas utama yang diekspor ke Iran ialah buah-buahan, kendaraan dan bagiannya, dan berbagai produk kimia.

Baca juga : Amerika Imingi Rp28 T jika Indonesia Hubungan dengan Israel

Sedangkan nilai impor Indonesia dari Iran pada tahun lalu senilai US$11,72 juta, setara 0,12% terhadap total impor dari Timur Tengah. Komoditas yang dominan diimpor dari Iran ialah buah-buahan, bahan bakar mineral, dan bahan kimia organik.

Adapun nilai ekspor Indonesia ke Israel pada 2023 senilai US$165,77 juta, setara 1,83% dari total ekspor ke Timur Tengah. Komoditas utama yang diekspor ke Israel ialah lemak dan minyak hewan/nabati, alas kaki, dan mesin dan perlengkapan elektrik serta bagiannya.

Sementara nilai impor Indonesia dari Israel di tahun lalu sebesar US$21,93 juta, setara 0,22% terhadap total impor dari Timur Tengah. Komoditas utama yang diimpor dari Israel ialah mesin dan peralatan mekanis serta bagiannya, perkakas dan peralatan dari logam tidak mulia, mesin dan perlengkapan elektrik serta bagiannya.

Amalia mengatakan, nilai perdagangan internasional Indonesia ke kawasan Timur Tengah pada 2023 senilai US$19,20 miliar, setara 3,99% terhadap total nilai perdagangan dengan seluruh negara.

Negara-negara yang masuk dalam kawasan Timur Tengah di perdagangan internasional Indonesia ialah UEA, Arab Saudi, Mesir, Yordania, Qatar, Irak, Oman, Kuwait, Iran, Israel, Yaman, Lebanon, Bahrain, Suriah, dan Palestina. "Tiga negara dengan nilai dagang terbesar adalah Arab Saudi, UEA, dan Oman," pungkas Amalia. (Z-10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat