visitaaponce.com

Wamenkominfo Jajaki Kerja Sama Digital di AS, Fokus pada Amazon Web Services dan Microsoft

Wamenkominfo Jajaki Kerja Sama Digital di AS, Fokus pada Amazon Web Services dan Microsoft
Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria sedang menjajaki potensi kerja sama digital(Dok. Kemkominfo)

KUNJUNGAN ke Amerika Serikat, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria sedang menjajaki potensi kerja sama digital. Dalam kunjungannya ke Seattle, Washington, pada Jumat (26/04/2024), selain bertemu dengan Permias Seattle, Wamenkominfo akan mengeksplorasi kesempatan kerja sama dengan perusahaan global seperti Amazon Web Services dan Microsoft.

"Diketahui bahwa Kota Seattle adalah pusat teknologi, oleh karena itu, kami akan membahas beberapa aspek, termasuk peluang kerja sama dengan Kementerian Kominfo untuk memperkuat kapabilitas sumber daya manusia, terutama dalam memperkuat talenta digital Indonesia," jelasnya di Seattle, Washington, pada Sabtu (27/4) waktu setempat.

Wamen Nezar Patria menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia melalui perwakilannya akan meninjau praktik terbaik teknologi terbaru yang sesuai untuk diterapkan dalam perangkat dan pengelolaan data governance.

Baca juga : Microsoft Corporation Umumkan Investasi Sebesar US$ 1,7 Miliar ke Indonesia

"Pertemuan antara Kementerian Kominfo dan Amazon Web Services dijadwalkan pada Senin, 29 Mei waktu Amerika Serikat. Kami akan berdiskusi dengan mereka, kemudian melanjutkan kunjungan ke Kantor Microsoft untuk membahas tentang Keamanan Siber (Cyber Crime). Selain itu, akan ada sesi khusus tentang Kecerdasan Buatan yang dikembangkan oleh Microsoft," ungkapnya.

Wamenkominfo juga akan membicarakan peluang pengembangan Pusat Data Nasional (PDN) yang sedang dibangun di Cikarang, Jawa Barat. Menurutnya, proyek PDN saat ini sudah mencapai 45 persen dan akan memerlukan manajemen yang efektif agar dapat dimanfaatkan secara optimal.

"Kami berharap PDN di Cikarang akan selesai pada 10 Oktober 2024, untuk kemudian diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. Oleh karena itu, kami sedang mempelajari prinsip-prinsip tata kelola data yang efektif, yang cocok untuk Indonesia, sambil tetap memperhatikan kedaulatan data. Itu adalah salah satu fokus kami saat ini," jelasnya sambil menjelaskan rencana pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara.

Tiba di Bandara Internasional Seattle Tacoma pada pukul 10.25 waktu setempat, Wamenkominfo didampingi oleh Staf Khusus Riant Nugroho. Dalam rangka kunjungan kerja ini, Wamen Nezar Patria juga akan bertemu dengan perwakilan Diaspora Indonesia yang bekerja dan belajar di kota teknologi tersebut.

"Permias Seattle adalah organisasi mahasiswa nirlaba yang berbasis di Seattle. Organisasi ini dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Wilayah Greater Seattle," jelasnya. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat