visitaaponce.com

Kebutuhan Data Center di Indonesia Terus Meningkat

Kebutuhan Data Center di Indonesia Terus Meningkat
Ilustrasi(Freepik)

DATA center atau pusat data merupakan pilar utama bagi negara-negara yang ingin melakukan transformasi digital dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat. Menurut para analis, pasar pusat data di Indonesia diproyeksikan akan tumbuh dengan laju pertumbuhan majemuk tahunan (CAGR) sebesar 16,92% dari 2024 hingga 2029. 

Pertumbuhan yang signifikan ini menunjukkan potensi bisnis yang besar dalam bidang pusat data, yang didorong oleh transformasi digital yang cepat di Indonesia serta inisiatif pemerintah yang kuat dalam mempromosikan digitalisasi. 

“Indonesia juga memiliki generasi muda yang paham teknologi, yang semakin mendorong permintaan akan infrastruktur teknologi canggih. Selain itu, munculnya komputasi awan, analisis data besar, dan aplikasi internet of things (IoT) turut meningkatkan kebutuhan akan kemampuan pusat data yang canggih di Indonesia,” ujar SVP Investment & Acquisition, DAMAC Capital Danish Nayar.

Baca juga : Menteri Luhut Kunjungi PERURI, Tinjau Area Kerja INA DIGITAL Sebagai Tempat Berkumpulnya Talenta Digital Anak Bangsa

Terlebih, lanjutnya, kawasan Asia Tenggara saat ini mengalami peningkatan investasi yang signifikan dari negara-negara Timur Tengah, khususnya di sektor startup dan kecerdasan buatan (AI). 

Masuknya investasi ini memperkuat pasar-pasar regional dan meningkatkan kebutuhan akan infrastruktur pusat data yang dapat diandalkan.

Faktor yang perlu dipertimbangkan

Lantas, apa saja faktor yang perlu dipertimbangkan perusahaan/organisasi dalam memilih layanan data center? 

Baca juga : Penggunaan Domain Lokal Menjadi Katalisator Transformasi Digital

Para pemimpin organisasi dan pelaku usaha perlu memperhatikan dengan teliti beberapa faktor kunci sebelum memilih penyedia pusat data untuk mendukung transformasi digital mereka. 

Kualitas layanan dan tingkat konektivitas terbaik, yang dimulai dari lokasi strategis dan infrastruktur yang solid, merupakan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pelanggan. 

Berdasarkan tujuan dan operasional yang ditentukan, penting untuk menilai kemampuan fasilitas dalam menjaga tingkat ketersediaan tinggi dan andal guna mengakomodasi berbagai kebutuhan teknologi, termasuk akses internet cepat, dukungan dari berbagai operator jaringan, dan infrastruktur serat optik yang luas untuk meminimalkan risiko downtime. 

Baca juga : Transformasi Digital Jadi Kekuatan Utama Industri di Seluruh Dunia

“Aspek keamanan yang mutakhir, fleksibilitas skalabilitas, dan komitmen terhadap praktik berkelanjutan juga harus menjadi faktor penentu dalam pemilihan. Selain itu, dukungan pelanggan yang responsif setiap saat sangatlah penting untuk menangani masalah operasional secara efisien,” ungkap Nayar. 

Menyadari potensi besar dari proses transformasi digital di Indonesia, EDGNEX Data Centres by DAMAC telah melakukan investasi signifikan untuk membangun pusat data baru berkapasitas 15 MW di Jakarta yang dilengkapi dengan fasilitas terkini. 

Pembangunan fasilitas ini menandai tonggak penting bagi perusahaan ini, dengan tahap pertama konstruksi dijadwalkan rampung pada kuartal keempat 2025.

“DAMAC berkomitmen mendukung ekonomi digital Indonesia melalui fasilitas barunya di MT Haryono, Jakarta, yang hanya berjarak 3 kilometer dari salah satu klaster pusat data paling saling terhubung, sebuah titik pertukaran internet penting dalam pusat data pusat Jakarta. Fasilitas ini memiliki akses jalan ganda dan konektivitas fiber yang luar biasa, sehingga siap untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang,” ungkap Nayar. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat