visitaaponce.com

Menaker Apresiasi Program Pemagangan BCA Learning Institute di Bogor

Menaker Apresiasi Program Pemagangan BCA Learning Institute di Bogor
Pemagangan di BCA Life Institute diapresiasi Menaker(Kemenaker)

MENTERI Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, mengunjungi BCA Learning Institute (BLI) di Sentul, Bogor, pada Jumat (28/6). Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung proses pemagangan yang dijalankan oleh institut tersebut serta sebagai bentuk apresiasi atas upaya BLI dalam menyelenggarakan program pemagangan.

"Kunjungan ini juga merupakan kesempatan bagi kami untuk melihat secara langsung bagaimana proses pemagangan yang dilaksanakan di BLI BCA," ujar Ida Fauziyah.

Ida Fauziyah menegaskan bahwa Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan ketenagakerjaan, termasuk bonus demografi, ketidaksesuaian antara penyiapan sumber daya manusia (SDM) dan kebutuhan pasar kerja, serta perkembangan industri di era digital. Tantangan-tantangan ini tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah saja.

Baca juga : Mediator Hubungan Industrial Diharapkan Mampu Mencegah Perselisihan di Lingkungan Usaha

"Oleh karena itu, saya terus mengajak dunia usaha dan industri untuk terlibat aktif dalam meningkatkan kompetensi SDM Indonesia melalui program pemagangan," kata Ida Fauziyah.

"Penyiapan skill dan kompetensi itu tidak bisa hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga dunia usaha dan dunia industri."

Menurut Ida Fauziyah, program pemagangan perlu terus digalakkan di berbagai industri karena sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan, baik bagi pekerja yang sudah bekerja maupun bagi calon tenaga kerja. Program pemagangan dapat memfasilitasi transisi dari pendidikan vokasi ke pekerjaan, mencocokkan keterampilan dengan kebutuhan pasar kerja, meningkatkan kompetensi tenaga kerja, serta menghemat biaya rekrutmen dan pelatihan ulang.

"Jadi tujuan utama dari program pemagangan ini adalah untuk menjadikan peserta terampil, berpengalaman, dan siap bekerja maupun berwirausaha," ujarnya.

Dengan adanya kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, dan industri, diharapkan program pemagangan dapat lebih berkembang dan memberikan manfaat yang signifikan bagi peningkatan kualitas SDM di Indonesia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat