visitaaponce.com

Mentan Amran Sulaiman Dorong Percepatan Pemasangan Pompa di Sawah NTB

Mentan Amran Sulaiman Dorong Percepatan Pemasangan Pompa di Sawah NTB
Ilustrasi(Antara)

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mendorong dinas pertanian bersama seluruh petani di Nusa Tenggara Barat (NTB) segera memasang pompa air di sawah-sawah mereka. Langkah ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi El Nino yang berujung musim kemarau panjang yang diperkirakan akan Kembali terulang tahun ini.

"Kekeringan El Nino ini sudah overlap dan kita harus waspada. Karena itu kita harus memasang pompa semaksimal mungkin agar pesawahan bisa terairi sehingga kita bisa mempercepat masa tanam," ujar Amran melalui keterangan tertulis, Jumat (3/5).

Ia mengatakan sejauh ini ada lebih dari 4.000 pompa yang disiapkan untuk NTB. Namun, ribuan pompa tersebut masih bisa ditambah menjadi 6.000 apabila air di sungai-sungai yang ada terus basah alias tidak kering

Baca juga : Bantu Petani Tingkatkan Produksi, Mentan Amran Salurkan Bantuan 200 Miliar di Jawa Timur

"Untuk NTB 4.000 pompa. Kalau mau ditambah nanti kami tambah jadi 6000 pompa. Kenapa? Karena September, Oktober dan November ini adalah yang paling kritis. Ini yang perlu kita buatkan solusi cepatnya melalui pompa," katanya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita mengatakan pihaknya siap melaksanakan semua arahan Mentan, baik pompanisasi maupun manajemen air untuk memenuhi bendungan. Cara itu diharapkan dapat memberi akses air bagi petani meski kemarau.

"Tadi Pak Menteri sampaikan manajemen air, yaitu panen hujan di sektor hulu, untuk memenuhi bendungan-bendungan diluar musim hujan, kalau bendungan penuh, air bisa disalurkan ke daerah-daerah tadah hujan melalui saluran irigasi” tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat