visitaaponce.com

Jokowi 70 Ribu Pompa Air Dibagikan untuk Atasi Kekeringan

Jokowi: 70 Ribu Pompa Air Dibagikan untuk Atasi Kekeringan
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pertanian Amran Sulaiman meninjau pompa air untuk pertanian.(Antara)

Presiden Joko Widodo, saat berkunjung ke Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menegaskan pentingnya pompa dalam menghadapi musim kemarau. Ia mengatakan pemerintah, melalui Kementerian Pertanian, akan membagikan 70 ribu unit pompa air ke seluruh Indonesia secara bertahap. Tujuannya tidak lain agar persawahan tetap teraliri air melalui sumber-sumber air di sekitar seperti sungai dan embung.

"Ketika sumber air ada di bawah sedangkan sawahnya agak ke atas, air tidak bisa naik. Untuk itu kita perlu pompa. Pompa ini hal kecil tapi sangat krusial," kata Jokowi seusai meninjau pompa air di Kotawaringin Timur.

Di wilayah itu, baru tersedia 30 pompa air untuk 435 ha lahan pertanian. Masih ada 7.165 ha yang belum mendapat pompa.

Baca juga : Jokowi: Pompanisasi, Upaya Pemerintah Jaga Stok Pangan dan Tingkatkan Produktivitas Pertanian

"Sekarang sudah 31 pompa air. Seharusnya memang untuk 7.600 ha, tapi ini baru bisa untuk 435 ha. Kebutuhan pompa nanti semua akan dikerjakan Kementerian Pertanian agar semuanya tercukupi," kata kepala negara.

Di Sumedang, Jawa Barat, sumur bor dibangun di empat kecamatan, yakni Sumedang Selatan, Sumedang Utara, Ujung Jaya dan Tanjung Kerta.

"Sumur bor dibangun untuk membantu warga mendapatkan air bersih di musim kemarau," ujar Kapolres Sumedang Ajun Kombes Joko Dwi Harsono.

Warga di empat kecamatan itu kerap terdampak kekeringan pada musim kemarau. Setiap tahun mereka mengalami krisis air bersih, sehingga harus mendapatkan bantuan dari pemerintah kabupaten.

"Saat kemarau, warga harus mencari air sejauh 12 kilometer karena sumur di kampung itu mengering. Kini, warga tidak harus melakukan itu lagi. Dari sumur bor ini, 600 kepala keluarga bisa memperoleh air bersih. Bantuan ini akan menjadi solusi bagi upaya menyejahterakan masyarakat," tandasnya. (SG/SS/AD/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat