visitaaponce.com

Raksasa Otomotif Jepang Toyota Cetak Rekor Laba Bersih

Raksasa Otomotif Jepang Toyota Cetak Rekor Laba Bersih
Pejalan kaki melewati dealer mobil produsen mobil Jepang Toyota di Tokyo pada 8 Mei 2024.(AFP/Yuichi Yamazaki)

TOYOTA melaporkan rekor laba bersih tahunan lebih dari US$30 miliar pada Rabu (8/5). Namun produsen mobil terbesar di dunia berdasarkan penjualan tersebut memperingatkan bahwa tahun ini tidak akan terlalu spektakuler.

Dibantu oleh melemahnya yen dan kuatnya penjualan kendaraan hibrida, laba perusahaan raksasa Jepang ini meningkat dua kali lipat menjadi 4,94 triliun yen (US$31,9 miliar) pada tahun berjalan hingga Maret. Pendapatannya meningkat 21,4% menjadi 45,1 triliun yen yang juga merupakan rekor tertinggi sepanjang masa.

"Di bawah panji karbon ialah musuh, Toyota telah melakukan yang bisa dilakukan untuk mencapai netralitas karbon dan menjadikan mobil hibrida lebih lazim," kata kepala keuangan Yoichi Miyazaki. "Sejak debut model Prius, upaya tersebut secara bertahap membuahkan hasil, bahkan menciptakan persepsi di pasar Amerika bahwa hibrida ialah pemain utama," kata Miyazaki kepada wartawan.

Baca juga : Daihatsu Toyota Tarik lagi 320.000 Mobil dan Perpanjang Penutupan Pabrik

Untuk tahun ini, perusahaan memperkirakan laba bersih sebesar 3,57 triliun yen atau turun 27,8% karena investasi di bidang pertumbuhan seperti mobil listrik dan hidrogen serta sumber daya manusia. Penjualan akan meningkat 2,0% menjadi 46 triliun yen.

"Kami harus menerima bahwa ada beberapa aspek kami tertinggal jauh dari Tiongkok. Namun sebagai perusahaan Jepang yang berjuang di industri otomotif, kami tahu bahwa kami tidak bisa membiarkan keunggulan ini semakin meluas. Kami akan memikirkan caranya melakukan perubahan," kata Miyazaki.

Toyota bulan lalu mengatakan pihaknya menjual 11,1 juta kendaraan di semua merek pada tahun fiskal 2023-2024. Ini naik lima persen dan untuk pertama kali berhasil melampaui 10 juta.

Salah satu faktor terbesarnya ialah lonjakan penjualan kendaraan hibrida sebesar 31% menjadi 3,7 juta unit. Kendaraan ini menggabungkan mesin pembakaran internal dan baterai, seperti mobil kompak Corolla dan kendaraan sport RAV4. Penjualan penjualan mobil listrik murni jauh lebih rendah yaitu 116.500. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat