visitaaponce.com

BATR Catat Pertumbuhan Laba Bersih 18

BATR Catat Pertumbuhan Laba Bersih 18%
Ilustrasi(BATR)

PT Benteng Api Technic atau BAT Refractories membukukan kinerja keuangan solid pada 2023, baik dari sisi pendapatan, laba bersih, hingga neraca. Tren tersebut diharapkan terus berlanjut pada 2024, ditopang masih kuatnya permintaan produk material tahan panas (refraktori) domestik dan keberhasilan perseroan menggelar penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO).

Pada 2023, produsen dan distributor refaktori itu membukukan pendapatan Rp138,1 miliar, tumbuh 5% dari 2022 yang hanya Rp131 miliar. Laba usaha, berdasarkan laporan keuangan BATR 2023, mencapai Rp17,4 miliar, naik dari tahun sebelumnya Rp17,2 miliar. Sejalan dengan itu, laba bersih naik 18% menjadi Rp13,8 miliar dari semula Rp11,7 miliar di 2022.

Direktur Utama BATR Ridwan mengatakan penaikan pendapatan dan laba bersih mengindikasikan keberhasilan manajemen dalam melakukan langkah-langkah inovasi seperti peningkatan produktivitas dan kualitas produk.

Baca juga : Hingga Semester I 2024 Kinerja Pasar Saham masih Lesu

“Di tengah meningkatnya ketidakpastian global pada tahun ini, perseroan tetap berusaha terus meningkatkan kinerja dengan mempersiapkan peningkatan kapasitas maupun kualitas produksi baik dalam produksi barang maupun jasa konstruksi,” kata Ridwan dalam keterangan resmi, Jumat (20/6).

Dia menyatakan perusahaan juga terus menambah jaringan dan pangsa pasar, terutama di industri petrokimia, migas, semen, dan smelter. Selain itu, BATR telah bekerja sama dengan perguruan tinggi terkemuka, seperti ITS Surabaya dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk pengembangan produk bata tahan api jenis khusus dalam rangka subtitusi produk impor.

Sebelumnya, BATR sukses menggelar IPO saham dengan raihan dana Rp 68,2 miliar. IPO BATR mencatat kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 140 kali, menandakan tingginya minat investor terhadap emiten refraktori pertama dan satu-satunya di BEI saat ini. (Z-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat