visitaaponce.com

ABMM Gelar RUPS, Simak Kinerjanya Sepanjang Tahun Lalu

ABMM Gelar RUPS, Simak Kinerjanya Sepanjang Tahun Lalu
Board of Commissioners beserta Board of Director PT ABM Investama Tbk (ABMM) dalam acara Public Expose (Pubex) di Jakarta.(Dok PT ABM Investama Tbk)

KINERJA PT ABM Investama Tbk (ABMM) sepanjang tahun lalu terbilang baik. Merujuk kinerja keuangan perusahaan, jumlah pendapatan dari kontrak dengan pelanggan mencapai US$1,49 miliar, tumbuh 3,2% dari tahun sebelumnya, dengan marjin laba bersih sebesar 19,36%, meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 18,67%.

Adapun laba tahun berjalan yang dapat didistribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar US$289,0 juta atau naik 7,07% dari tahun sebelumnya sebesar US$269,91 miliar. Untuk total ekuitas mencapai US$758,93 juta atau tumbuh 22,9% ketimbang 2022 sebesar US$617,5 juta.

Masifnya kinerja ABM Group tak lepas dari kecakapan perusahaan dalam mengantisipasi kondisi pasar global yang fluktuatif. Sebab, sepanjang 2023 ABM Group sukses melampaui target memenuhi kebutuhan pelanggan. Melalui anak usahanya, perusahaan investasi strategis dengan solusi pertambangan dan energi terintegrasi ini aktif merespons kondisi perekonomian yang dinamis dengan meningkatkan keunggulan operasional di segala bidang pekerjaan.

Baca juga : Cemindo Gemilang Cetak Laba pada 2023 setelah Rugi

”Operational excellence selalu menjadi strategi utama perseroan untuk memaksimalkan efisiensi dan menjaga efektivitas operasional dengan aspek keselamatan pekerja sebagai prioritas utama,” ujar Direktur Utama ABMM Achmad Ananda Djajanegara, biasa disapa Andi, saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Public Expose, di Jakarta, Rabu (15/5).

Sepanjang 2023, ABM Group fokus pada peningkatan manajemen permodalan dan mengkaji portofolio investasi secara aktif untuk memastikan nilai tambah dan return maksimal atas investasi tersebut, sejalan dengan strategi keberlanjutan yang dijalankan ABMM.

Ia melanjutkan dalam menunjang kebutuhan pasar, Cipta Kridatama (CK) selaku anak usaha ABMM, sukses menjadi kontraktor tambang terbesar ke-4 pada 2023 silam.

Baca juga : RUPS Tahun Buku 2022, PT KBI Catatkan Laba Bersih Tertinggi Sepanjang Sejarah

Pada 2023, CK mencatatkan volume overburden removal sebesar 276,56 juta bank cubic meter (BCM) sebagai pencapaian terbaik CK selama ini. Dari sisi logistik, bisnis ABM Group turut disokong Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) yang kini tersebar di 43 daerah dan 22 provinsi, dengan mencatatkan on time delivery (OTD) sebesar 94,67% pada 2023.

Kemudian, Sanggar Sarana Baja (SSB) pun memiliki kontrak kerja dengan beberapa perusahaan raksasa dalam proyek infrastruktur di sektor pertambangan, yang mencapai productive hours 2,3 juta jam selama 2023.
Berkat kinerjanya yang moncer, tahun ini ABM Group memasang strategi bisnisnya dengan mengoptimalkan sinergi grup ABM, memprioritaskan keamanan dan keselamatan kerja, serta memaksimalkan kinerja keuangan.

“Capaian yang diraih ABM Group tentunya tidak lepas dari peran insan kami dan kolaborasi antar perusahaan. Kinerja tahun lalu tak lantas membuat kami cepat puas, sehingga tahun ini kami akan memasang target dan strategi untuk memperkuat bisnis,” tutup Andi. (H-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat