visitaaponce.com

Cemindo Gemilang Cetak Laba pada 2023 setelah Rugi

Cemindo Gemilang Cetak Laba pada 2023 setelah Rugi
Pabrik semen Merah Putih.(MI/HO)

EMITEN produsen Semen Merah Putih, PT Cemindo Gemilang Tbk (CMNT), berhasil membalikkan rugi bersih di 2022 menjadi laba bersih sebesar Rp159 miliar pada 2023. Volume penjualan semen di Indonesia pada 2023 mencapai rekor tertinggi sejak berdirinya CMNT. Pertumbuhan volume penjualan perusahaan sebesar 3% yang serupa dengan pertumbuhan volume semen nasional di Indonesia pada 2023.

Sedangkan pendapatan dan EBITDA Perseroan tahun 2023 relatif stabil masing-masing sebesar Rp9,6 triliun dan Rp1,8 triliun dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, kerusakan mesin yang tidak terduga pada 2023 mengakibatkan penurunan produksi klinker hampir 10%, sehingga menyebabkan kerugian. 

Meskipun mengalami penurunan produksi, EBITDA perusahaan per ton klinker yang diproduksi di Indonesia meningkat hampir 3% pada 2023. "Sementara itu, di tengah kenaikan biaya-biaya industri yang lebih tinggi pada 2023, CMNT mampu mempertahankan GPM dan OPM pada tingkat yang sama pada 2022," kata Ameesh Anand, Chief Financial Officer (CFO) PT Cemindo Gemilang Tbk, dalam keterangan resminya, Sabtu (30/3/2024).

Demikian juga dengan anak usaha yang mencatatkan kinerja positif pada 2023. Chinfon Vietnam berhasil meningkatkan volume penjualan ekspor semen yang didorong oleh penetrasi pasar baru di sejumlah negara, sehingga meningkatkan EBITDA sebesar 8% pada 2023. "Sedangkan anak usaha lain secara gabungan mencatat EBITDA sebesar Rp133 miliar atau tumbuh hampir 59% dibandingkan 2022," lanjutnya.

Selain fokus pada peningkatan kinerja keuangan, CMNT pada 2023 melakukan investasi pada alat berat listrik untuk menggantikan beberapa alat berat berbasis bahan bakar fosil untuk kegiatan operasional di pabrik dan lokasi tambang. Investasi CMNT pada alat berat listrik dengan anggaran sekitar Rp100 miliar merupakan komitmen perusahaan yang diharapkan dapat beroperasi penuh pada 2024. Upaya ini tidak hanya akan mengurangi konsumsi bahan bakar dan menghemat biaya tetapi juga berkontribusi terhadap penurunan emisi karbon perusahaan secara keseluruhan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat