visitaaponce.com

Jumlah Permintaan Saham IPO BATR Tembus Rp2,8 Triliun

Jumlah Permintaan Saham IPO BATR Tembus Rp2,8 Triliun
Ilustrasi(MI/Adam Dwi)

Investor merespons positif penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham PT Benteng Api Technic (BATR) atau BAT Refractories. Pada sesi penutupan Penawaran Umum 6 Juni lalu, IPO produsen dan distributor material tahan api (refraktori) itu mencatat kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 140 kali. Itu menandakan tingginya minat investor terhadap emiten refraktori pertama dan satu-satunya di BEI saat ini.

Selama masa penawaran umum pada 3-6 Juni 2024, total permintaan yang masuk mencapai 25,54 miliar lembar Saham atau senilai Rp2,8 triliun, jauh di atas yang ditawarkan 620 juta lembar saham atau setara Rp68,2 milyar.

"Data yang kami terima dari underwriter bahwa total permintaan saham IPO BATR dari para investor mencapai Rp2,8 triliun atau sekitar 25,54 miliar lembar saham. Sedangkan perseroan hanya melepas 620 juta lembar saham dengan harga pelaksanaan Rp110 melalui IPO. Dengan demikian, total dana yang kami himpun mencapai Rp68,2 miliar," Ujar Direktur Utama BATR Ridwan melalui keterangan tertulis, Sabtu (8/6).

Baca juga : Investor Ritel Diimbau Pantau Aksi Korporasi dan Saham Berpotensi Delisting

Perseroan juga menerbitkan 620 juta waran seri I bersamaan dengan IPO. Rasionya 1:1 dan harga pelaksanaan Rp 300. Dana yang bisa diperoleh dari hasil pelaksanaan waran seri I maksimal Rp186 miliar.

Perseroan akan menggunakan 36,9% dana hasil IPO untuk membeli tanah dan bangunan dari pihak terafiliasi, 9,56% untuk pembangunan dan perbaikan bangunan, 5,42% untuk pembelian peralatan laboratorium, 6,54% untuk pembelian mesin produksi, dan 41,55% untuk belanja operasional (operational expenditure/opex) berupa persediaan barang jadi dan bahan baku. Adapun dana hasil pelaksanaan waran seri I seluruhnya akan digunakan perseroan untuk modal kerja.

Pencatatan saham BATR di Bursa Efek Indonesia (BEI) dijadwalkan pada 10 Juni 2024. Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah KGI Sekuritas Indonesia.

“Kami sangat bersyukur dan juga berterima kasih banyak kepada para investor yang telah memberikan respons positif yang luar biasa atas penawaran umum perdana saham BATR di Bursa Efek Indonesia,” tuturnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat