visitaaponce.com

Mentan Pastikan Bantuan Pupuk Sampai ke Tangan Petani

Mentan Pastikan Bantuan Pupuk Sampai ke Tangan Petani
Ilustrasi petani menebar pupuk di sawah.(ANTARA/DEDHEZ ANGGARA)

MENTERI Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman meninjau jalanya pertanaman padi di sejumlah sentra wilayah Sulawesi Selatan. Tinjauan ini dilakukan untuk memastikan bantuan pemerintah seperti pupuk bersubsidi agar sampai ke tangan petani dalam kegiatan produksi.

"Hari ini kami turun ke lapangan, tidak ada tanggal merah atau hari libur. Kami akan memastikan apakah bantuan pemerintah sampai ke tangan petani," kata Mentan pada Sabtu (11/5).

"Jadi, kepada petani Indonesia yang saya cintai, teruslah berproduksi karena kita sudah siapkan prasarananya. Tidak usah khawatir soal pupuk dan air karena sudah kita siapkan semua," tambahnya.

Baca juga : Pastikan Pupuk Subsidi Tepat Sasaran, Kementan Terus Sosialisasikan Permentan 1/2024

Sebagaimana diketahui, saat ini pemerintah telah menambah alokasi pupuk subsidi sebesar Rp28 triliun atau dari yang sebelumnya hanya di angka 4,5 juta ton kini bertambah menjadi 9,55 juta ton.

"Untuk pupuk di Sulawesi Selatan dan juga seluruh Indonesia kami pastikan meningkat 2 kali lipat atau 100 persen. Sekarang tidak ada lagi tuh masalah pupuk. Dan ini tuh tambahan pupuk terbesar sepanjang sejarah," ujar Amran.

Berikutnya, sambung Amran, pemerintah juga telah menyiapkan solusi cepat berupa pemasangan pompanisasi pada sungai-sungai besar yang tidak pernah kering. Program pompanisasi dinilai menjadi cara yang ampuh dalam meningkatkan produksi dan mengurangi resiko krisis pangan akibat fenomena El Nino atau musim kering panjang.

"Ini adalah solusi cepat untuk memitigasi dampak el nino panjang yang terjadi selama ini. Solusinya hanya pompa dan tidak ada yang lain. Jadi, kami berikan pompa untuk mengangkut air sungai yang tidak pernah kering seperti Sungai Maros. Ini solusi cepat untuk memitigasi resiko kekurangan pangan," tandasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat