visitaaponce.com

Jokowi Dorong Upaya Percepatan Indonesia Menjadi Anggota OECD

Jokowi Dorong Upaya Percepatan Indonesia Menjadi Anggota OECD
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto usai menghadiri rapat bersama Presiden Jokowi(Dok.Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat persiapan Indonesia menjadi negara anggota Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). Presiden memerintahkan jajarannya untuk melakukan upaya percepatan menjadi keanggotaan tersebut.

"Beberapa negara yang sudah menjadi anggota dalam aksesi itu Kosta Rika butuh waktu enam tahun, Kolombia tujuh tahun, Cile tiga tahun. Jadi kita harus belajar dari Cile bagaimana mereka bisa menjadi anggota dalam waktu yang lebih cepat," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto usai menghadiri rapat bersama Presiden Jokowi, di Istana, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Mei 2024.

Airlangga menjelaskan Indonesia telah diterima sebagai negara aksesi OECD dalam OECD Ministerial Council Meeting (MCM) di Paris, pada 2-3 Mei 2024. Kegiatan itu  dipimpin oleh Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

"Indonesia bersama Argentina diterima permohonannya. Argentina, sampai rapat kemarin itu, berproses selama lima tahun. Sedangkan Indonesia mulai dari surat yang dikirim OECD itu berproses selama tujuh bulan," jelas Airlangga.

Airlangga menambahkan, saat ini terdapat sejumlah negara yang statusnya sama seperti Indonesia, yaitu Argentina, Brazil, Bulgaria, Kroasia, Peru, dan Rumania. Negara-negara tersebut sudah berproses rata-rata lebih dari dua tahun, bahkan Brazil sudah mendekati lima tahun. (Z-7)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat